Bimbingan Islam melalui kegiatan Keputrian untuk membentuk Akhlakul Karimah Remaja Putri : Studi deskriptif di SMPN 51 Bandung

Aprilia, Fiona Eka (2023) Bimbingan Islam melalui kegiatan Keputrian untuk membentuk Akhlakul Karimah Remaja Putri : Studi deskriptif di SMPN 51 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengaruh globalisasi dengan terjadinya perkembangan teknologi dan informasi yang saat ini sangat sulit dihindari oleh kaum remaja. Remaja mudah terpengaruh oleh budaya-budaya yang tidak sesuai dengan kepribadian masyarakat Indonesia dan berdampak terhadap menurunnya kualitas akhlak. Hal tersebut menjadikan remaja putri perlu mendapatkan bimbingan dan arahan agar perilaku dan akhlaknya tidak keluar dari ajaran Islam. Salah satu upaya dari pihak sekolah adalah dengan melaksanakan kegiatan keputrian sebagai layanan bimbingan Islam dalam membentuk akhlakul karimah remaja putri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program kegiatan, pelaksanaan bimbingan Islam dan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan bimbingan Islam melalui kegiatan keputrian untuk remaja putri di SMPN 51 Bandung dalam membentuk akhlakul karimah. Penelitian ini berlandaskan dari pemikiran bahwa bimbingan Islam merupakan layanan yang diberikan kepada remaja putri di sekolah untuk membentuk akhlakul karimah dan mencegah dari perilaku kurang baik yang disebabkan oleh perkembangan teknologi dan informasi. Penelitian ini mengkaji kegiatan keputrian yang merupakan bagian dari layanan bimbingan Islam di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif ini bertujuan untuk menggambarkan suatu program dengan sistematis berdasarkan fakta mengenai bimbingan Islam untuk membentuk akhlakul karimah remaja putri di SMPN 51 Bandung melalui kegiatan keputrian. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa setelah diberikan layanan bimbingan Islam melalui kegiatan keputrian, siswi SMPN 51 Bandung memiliki akhlakul karimah yang ditandai dengan meningkatnya kesadaran untuk beribadah kepada Allah dengan melaksanakan sholat tepat waktu, menutup aurat dan berlaku sopan kepada orang tua, guru, teman-teman dan orang di lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil pengisian angket diketahui bahwa akhlakul karimah siswi di SMPN 51 Bandung memiliki persentase 69% dengan kategori baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ini, dapat disimpulkan bahwa bimbingan Islam sangat berperan penting dalam membentuk akhlakul karimah remaja putri di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; keputrian; akhlakul karimah; remaja putri
Subjects: Islam > Da'wah
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fiona Eka Aprilia
Date Deposited: 10 Sep 2023 03:28
Last Modified: 10 Sep 2023 03:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76457

Actions (login required)

View Item View Item