Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kebermaknaan hidup lansia : Studi deskriptif di Panti Jompo Fakku Raqabah Muhammadiyah Kota Bandung

Nurrahmi, Asri Dewi (2023) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kebermaknaan hidup lansia : Studi deskriptif di Panti Jompo Fakku Raqabah Muhammadiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi, pada masa tua, lansia seharusnya bisa memiliki kehidupan yang tenang dan nyaman dalam lingkungan keluarga. Akan tetapi, pada kenyataanya tidak semua lansia mendapatkan kesempatan hidup seperti apa yang diinginkannya. Sehingga banyak lansia lebih baik untuk tinggal di Panti, beberapa hal lain banyak faktor yang membuat lansia tinggal di Panti, membuat lansia mengalami kesulitan mencapai kebermaknaan hidupnya kembali. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui karakteristik lansia di Panti Jompo Fakku raqabah Muhammadiyah Kota Bandung. 2) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan lansia di Panti Jompo Fakku Raqabah Muhammadiyah Kota Bandung. 3) untuk mengetahui kebermaknaan hidup pada lansia di Panti Jompo Fakku Raqabah Muhammadiyah Kota Bandung. Penelitian ini berlandaskan pemikiran bahwa lansia merupakan masa akhir dalam kehidupan karena pada masa ini seseorang sudah melalui segala proses tumbuh kembangnya dan sudah merasakan masa-masa pahit dan manisnya kehidupan serta masa-masa yang telah memberikan manfaat pada orang lain di kehidupannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pembimbing, lansia dan pengurus Panti Jompo Fakku Raqabah Muhammadiyah Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan melakukan observasi, wawancara secara langsung dan pengumpulan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Karakteristik lansia di Panti Jompo Fakku Raqabah Muhammadiyah Kota Bandung berjenis kelamin perempuan, dengan kelompok usia 60-72 tahun dan mayoritas pendidikan terakhir SD, berstatus mayoritas cerai mati serta kesehatan mengalami penurunan fungsi. 2) Pelaksanaan bimbingan keagamaan pada lansia di panti menggunakan metode bimbingan kelompok dengan teknik ceramah. Adapun tahapan pelaksanaan bimbingan keagamaan yaitu, pendahuluan dengan bersholawat, materi, tanya jawab, penutup dengan berdzikir dan doa. 3) Kebermaknaan hidup lansia di Panti Jompo Fakku Raqabah Muhammadiyah Kota Bandung diamati dalam hubungan dengan tiga komponen kebermaknaan hidup, yaitu kebebasan berkehendak, kehendak hidup bermakna dan makna hidup. Maka dapat disimpulkan bahwa kebermaknaan hidup bagi lansia diperoleh melalui pendekatannya terhadap agama, samakin usianya lanjut maka semakin memiliki kebermaknaan hidup dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lansia; Bimbingan Keagamaan; Kebermaknaan Hidup
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Asri Dewi Nurrahmi
Date Deposited: 08 Sep 2023 07:54
Last Modified: 08 Sep 2023 07:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76460

Actions (login required)

View Item View Item