Persepsi pengguna Instagram tentang program X-School komunitas hijrah Xkwavers di media sosial : Studi deskriptif pada Followers akun Instagram @xkwavers

Destianti, Andiani Eka (2023) Persepsi pengguna Instagram tentang program X-School komunitas hijrah Xkwavers di media sosial : Studi deskriptif pada Followers akun Instagram @xkwavers. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)

Abstract

Salah satu budaya asing yang saat ini telah menyebar dan banyak digandrungi oleh pemuda Indonesia adalah budaya Korea atau disebut juga dengan Korean Wave. Korean Wave merujuk pada popularitas budaya Korea Selatan, Tak terlepas dari pandangan masyarakat muslim Indonesia tentang hadirnya budaya korea tersebut, menjadikan kedatangan Korean Wave sebagai tantangan dakwah islam yang harus dihadapi. Xkwavers hadir sebagai tempat berkumpulnya para fans K-Pop dan Korean Drama Indonesia yang ingin menjadi X-traordinary dan mempelajari tentang islam. Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna instagram tentang program X-School yang dibuat oleh komunitas Xkwavers yang ingin mengajak para penggemar Korean Wave untuk mempelajari ajaran agama islam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi dan teori stimulus-organism-response (sor) yang dikemukakan oleh Hovland et al 1949. Persepsi pengguna instagram tentang program X-School ini melalui tiga tahapan diantaranya sensasi, atensi dan interpretasi. Sedangkan dalam mempersepsikan segala sesuatu akan dipengaruhi oleh tiga unsur, yakni stimulus, organism (individu) dan response. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan analisis deskriptif. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme, jenis data yang dikumpulkan yakni data dalam bentuk deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, informan dalam penelitian ini adalah para pengguna instagram yang mengikuti program X-School, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi secara online, wawancara secara online, dan kuisinoner essay, serta dokumentasi pada akun instagram Xkwavers. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa program X-School merupakan program yang bergerak dalam bidang dakwah untuk para penggemar Korean wave untuk mempelajari islam bersama dengan nuansa korea. Pengguna instagram mempersepsikan bahwasannya program X-School ini adalah program yang komprehensif, edukatif dan informatif. Setelah mengikuti program ini mereka menjadi tahu mana yang baik mana dan mana yang buruk, mana yang boleh dan tidak boleh dan mana yang tidak boleh berlebihan dalam menggemari Korean wave.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Media Sosial; Komunitas;
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Perceptual Process
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Andiani Eka Destianti
Date Deposited: 09 Sep 2023 13:23
Last Modified: 10 Sep 2023 12:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76469

Actions (login required)

View Item View Item