Pembuatan multimedia interaktif materi kristalisasi berorientasi literasi kimia

Ismiyanti, Devi Alfia (2023) Pembuatan multimedia interaktif materi kristalisasi berorientasi literasi kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Ketercapaian peserta didik terkait materi kristalisasi belum sepenuhnya tercapai karena masih banyak yang mengalami kesulitan dalam memahaminya. Kesulitan tersebut terjadi akibat peserta didik hanya memahami materi saja tanpa mengaitkannya dengan kehidupan serta keterbatasan media pembelajaran yang digunakan. Maka, untuk membantu peserta didik dalam memahami materi kristalisasi dan keterkaitannya dengan kehidupan diperlukan suatu media pembelajaran seperti multimedia interaktif yang berorientasi literasi kimia. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan multimedia dengan mendeskripsikan tampilan, analisis hasil uji validasi, dan analisis hasil uji kelayakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu DBR (Design Based Research) dengan menggunakan tahap analisis, desain, dan pengembangan yang mengacu kepada pendekatan ADDIE. Materi dalam multimedia interaktif disajikan dalam bentuk teks, gambar, video, audio, simulasi, dan evaluasi. Hasil uji validasi terhadap multimedia interaktif yang dibuat secara keseluruhan memperoleh nilai r_hitung sebesar 0,78 dan dinyatakan valid dengan interpretasi cukup tinggi. Pada uji kelayakan kepada 15 orang mahasiswa pendidikan kimia secara keseluruhan memperoleh 90,6% dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, multimedia interaktif materi kristalisasi berorientasi literasi kimia layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif; kristalisasi; literasi kimia; media pembelajaran; model ADDIE
Subjects: Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Devi Alfia Ismiyanti
Date Deposited: 11 Sep 2023 05:35
Last Modified: 11 Sep 2023 05:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76470

Actions (login required)

View Item View Item