Sanksi pidana terhadap pelaku pencemaran lingkungan hidup menurut UU no. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan relevansinya dengan pemikiran Yusuf Al-Qaradhawi

Rabbani, Irhash Shiddiq (2022) Sanksi pidana terhadap pelaku pencemaran lingkungan hidup menurut UU no. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan relevansinya dengan pemikiran Yusuf Al-Qaradhawi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy

Abstract

Bentuk nyata yang dilakukan dalam menanggulangi pencemaran lingkungan hidup ialah ditegakannya peraturan. UU No. 32 Tahun 2009 berisi tentang larangan dalam mencemari lingkungan hidup serta sanksi pidananya, lalu pemikiran tentang etika lingkungan hidup Yusuf Al-Qaradhawi merupakan bentuk kontribusi dalam mengatasi krisis lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Sanksi pidana terhadap pelaku pencemaran lingkungan menurut UU No. 32 tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup 2) Sanksi pidana terhadap pelaku pencemaran lingkungan menurut pemikiran Yusuf Al-Qaradhawi 3). Relevansi sanksi pidana terhadap pelaku pencemaran lingkungan menurut UU No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan pemikiran Yusuf Al-Qaradhawi. Penelitian ini dilihat dari ketentuan dan bentuk sanksi pidana pelaku pencemaran lingkungan hidup menurut UU No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlidungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta pemikiran dari Yusuf Al-Qaradhawi yang dianalisis melalui teori pemidanaan dan teori maqashid syari’ah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif doktriner lalu jenis penilitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif, serta pengumpulan data yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menelaah bahan pustaka yang bekaitan dengan sanksi pidana menurut UU No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta pemikiran Yusuf Al-Qaradhawi tentang lingkungan hidup. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Menurut UU No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pelaku pencemaran lingkungan hidup dapat dikenai sanksi pidana sebagaimana yang telah dijelaskan didalamnya pada bab ketentuan pidana bentuk sanksi pidana tersebut ialah kurungan dan denda. 2). Menurut Pemikiran Yusuf Al-Qaradhawi perlu adanya etika terhadap lingkungan hidup dan sanksi yang diberikan kepada pelaku pncemaran lingkungan hidup ialah ta’zir 3). UU No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup memiliki relevansi dengan sanksi pidana terhadap pelaku pencemaran lingkungan menurut pemikiran Yusuf Al-Qaradhawi ditinjau dari bentuk sanksi pidananya, yaitu sama-sama terdapat hukuman penjara dan denda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana; Hukum Lingkungan; Undang-Undang; Yusuf Al-Qaradhawi
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perbandingan Hukum Pidana Islam dengan Hukum Lain
Criminal Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Irhash Shiddiq Rabbani
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:48
Last Modified: 21 Sep 2023 06:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76484

Actions (login required)

View Item View Item