Pengaruh Work Family Conflict dan beban kerja terhadap kinerja karyawan : Studi pada karyawan wanita Bidang Keperawatan RSUD Pameungpeuk, Garut

Rifa, Salsiela Sabda (2023) Pengaruh Work Family Conflict dan beban kerja terhadap kinerja karyawan : Studi pada karyawan wanita Bidang Keperawatan RSUD Pameungpeuk, Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan kinerja karyawan wanita bidang keperawatan di RSUD Pameungpeuk Garut. Dari hasil mini survey yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa perawat wanita yang sudah menikah dalam bekerja mengalami beberapa masalah antara lain sebagai berikut: 1) memikirkan permasalahan yang ada di rumah sehingga saat bekerja tidak fokus pada pekerjaan, 2) adanya shift malam membuat perawat tidak memiliki waktu yang cukup bersama keluarga, 3) kekurangan dukungan dari pihak keluarga dan sesama pekerja, 4) beban kerja yang diberikan secara berlebih sehingga membuat menurunnya konsentrasi dan merasa kelelahan, 5) banyak pasien yang tidak kooperatif, 6) tuntutan untuk tetap dalam keadaan waspada yang tinggi dalam waktu yang lama. Beberapa permasalahan tersebut diduga menjadi penyebab menurunnya kinerja karyawan wanita bidang keperawatan di RSUD Pameungpeuk Garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan dari work family conflict dan beban kerja terhadap kinerja karyawan wanita bidang keperawatan di RSUD Pameungpeuk Garut. Penelitan ini terdiri dari tiga variabel yaitu, 1) work family conflict (Utaminingsih, 2017), 2) beban kerja (Tarwaka, 2018) dan 3) kinerja (Kasmir, 2018). Untuk menjawab pertanyaan di atas peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Sampel diambil menggunakan teknik non-probability sampling berjenis sampling jenuh. Terdapat 31 reponden yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis instumen, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan spss versi 2.9. Pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial work family conflict berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai 0.001 dan nilai thitung 3.526>1.701 (ttabel). Dan beban kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai 0.000 dan nilai thitung 1.847 > 1.701 (ttabel). Secara simultan work family conflilct dan beban kerja berperngaruh dan signifikan dengan koefisien determinasi sebesar 70,40%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Work Family Conflict; Beban Kerja; Kinerja
Subjects: General Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Salsiela Sabda Rifa
Date Deposited: 09 Sep 2023 13:26
Last Modified: 09 Sep 2023 13:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76500

Actions (login required)

View Item View Item