Konsep dakwah ustadz Dalim dalam pembinaan akhlak masyarakat: Studi deskriptif Masjid As-Syi'ar Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya

Rahman, Vinki Zakia (2023) Konsep dakwah ustadz Dalim dalam pembinaan akhlak masyarakat: Studi deskriptif Masjid As-Syi'ar Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab II.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab III.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab iv.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Pembinaan akhlak terhadap masyarakat merupakan suatu program yang dilakukan di Desa Sukarindik yang bertempat di masjid As-Syi’ar. Kegiatan ini merupakan bentuk ajakan kepada jamaah majelis taklim untuk meningkatkan kualitas ilmu pengetahuannya tentang ajaran islam terutama pada masalah akhlak. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses berdakwah ustadz Dalim dalam membina akhlak masyarakat dari satu kondisi ke kondisi yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi, metode dan media yang digunakan ustadz Dalim dalam pembinaan akhlak masyarakat sehingga dapat meningkatkan keimanan dan lebih istiqomah lagi dalam menghadiri kegiatan pembinaan akhlak. Penelitian ini menggunakan teori woodruft yang digagas oleh G.M Straton. Teori ini menyatakan bahwa konsep dakwah dalam pembinaan akhlak masyarakat terdiri dari beberapa sumber, mulai dari konsep proses, konsep struktur dan konsep kualitas. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Pendekatan yang diterapkan ialah pendekatan kualitatif dengan alasan penelitian ini meninjau apa dan bagaimana materi, metode serta media yang digunakan ustadz Dalim dalam pembinaan akhlak masyarakat di Desa Sukarindik. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif analisis yang berfungsi untuk mendeskripsikan, menjelaskan atau memberikan suatu objek yang diteliti melalui data atau sampel yang sudah dikumpulkan sebagaimana adanya tanpa melakukan analisis atau membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Teknik Pengumpulan Data yang dipakai ialah observasi dan wawancara yang nantinya data tersebut dikumpulkan dan menghasilkan data penelitian. Teknik Analisis Data yang diterapkan ialah menggunakan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilih data pada satuan yang dikelola. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ustadz Dalim dalam pembinaan akhlak masyarakat dilakukan dengan cara menyampaikan dakwah dengan memberikan materi moralitas kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan pembentukan akhlak. Metode yang digunakan yaitu metode kalam dan advokasi dalam pembinaan akhlak masyarakat. Penerapan media konvensional sebagai media yang digunakan ustadz Dalim dipandang mampu memudahkan ustadz Dalim dalam penyampaian materi lebih rinci dan mendalam kepada masyarakat untuk merubah suatu kondisi kepada kondisi yang lebih terarah. Implikasi penelitian ini adalah membedah metode dakwah yang dilakukan ustadz Dalim dalam pembinaan akhlak masyarakat di Desa Sukarindik. Sehingga dapat ditingkatkan kembali dalam keistiqomahan nya dan menjunjung tinggi nilai-nilai akhlak dan moralitas. Kata Kunci: Konsep dakwah; pembinaan; akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep dakwah; pembinaan; akhlak;
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zakia Vinki
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:46
Last Modified: 11 Sep 2023 05:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76532

Actions (login required)

View Item View Item