Sanksi Pemerkosaan Anak Dibawah Umur berdasarkan Pasal 289 KUHP Persfektif Hukum Pidana Islam: Studi Putusan Nomor 3/Pid.Sus-Anak/2020/PN.Bdg

Fauzi, Ramdan Gufron (2023) Sanksi Pemerkosaan Anak Dibawah Umur berdasarkan Pasal 289 KUHP Persfektif Hukum Pidana Islam: Studi Putusan Nomor 3/Pid.Sus-Anak/2020/PN.Bdg. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover_Ramdan.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak_Ramdan.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi_Ramdan.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I_Ramdan.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II_Ramdan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III_Ramdan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_Ramdan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V_Ramdan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Ramdan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

Pencabulan adalah tindakan kriminal berwatak seksual yang dilakukan oleh satu pihak ke pada Korbannya baik dengan ancaman terhadap fisik serta mental akan berpengaruh kepada anak. Pencabulan terhadap anak jika mengacu pada pasal 289 KUHP ancaman hukuman maksimal adalah 9 tahun. Namun dalam praktiknya pada Putusan Nomor 3/Pid.Sus- Anak/2020/PN.Bdg, pelaku hanya dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dan tuntutan tersebut tidak terlalu memberatkan pelaku karena melihat tindakan pelaku kepada korban. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pertimbangan hukum Hakim dalam memutuskan perkara Nomor 3/Pid.Sus-Anak/2020/PN.Bdg tentang tindak pemerkosaan oleh anak, Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap unsur-unsur pidana dalam pemerkosaan anak di bawah umur terhadap putusan Pengadilan Negeri Bandung Nomor 3/Pid.Sus-Anak/2020/PN.Bdg menurut persfektif Hukum Islam, serta untuk mengetahui sanksi Hukum Pidana Islam terhadap tindak pidana pemerkosaan yang dilakukan anak pada putusan Nomor 3/Pid.SusAnak/2020/PN.Bdg. Penelitian ini mengunakan teori jarimah taz’ir sesuai dengan tindak pidana yang dilakukan oleh pelaku pemerkosaan. Berikutnya teori hukum kriminologi karena tidak bisa dipungkiri bahwa tindak pidana pemerkosaan menjadi bagian dari tindak pidana yang diatur di Indonesia. perbuatan zina yang diancam hukuman had, yang ditujukan untuk memberikan pelajaran dan efek jera kepada pelakunya agar tidak menggulangi perbuatan tersebut. Selain itu hukuman yang diberikan bertujuan agar perbuatan tersebut tidak dilakukan oleh orang lain. Metode yang digunakan pada saat langkah penelitian menggunakan pendekatan yuridis normatif yakni pendekatan dengan mengunakan teori, konsep dan asas hukum pidana yang sudah ada sumber data primer berasal dari putusan Nomor 3/Pid.Sus-anak/2020/PN.Bdg. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif. Dalam Memutuskan Perkara Nomor 3/Pid.Sus-Anak/2020/Pn.Bdg tentang tindak pemerkosaan oleh anak majelis Hakim menemukan Fakta-fakta yang terungkap di persidangan dan disesuaikan dengan bunyi pasal-pasal dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti maka dapat ditarik kesimpulan (1) Pertimbangan Hakim dalam memutuskan perkara nomor perkara 3/Pid.Sus-Anak/2020/Pn.Bdg. Meringankan pelaku karena Hakim berpendapat bahwa pelaku baru melaksanakan tindak pidana dan masih di bawah umur(2) Sanksi diberikan kepada pelaku agar menjadi pelajaran dan efek jera atas perbutan yang dilakukan. (3) Adapun dalam hukum pidana islam perbuatan tersebut dapat dihukumi dengan 3 jenis hukuman yakni Hukuman Zina dera sebanyak 100 kali atau diasingkan, Hukuman Penganiayaan dengan Qishas dan Hukuman ta’zir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: sanksi, pemerkosaan, anak dibawah umur, KUHP, Hukum Pidana
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Criminal Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ramdan Gufron Fauzi
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:50
Last Modified: 27 Sep 2023 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76544

Actions (login required)

View Item View Item