Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Kegiatan Sosial Keagamaan : Penelitian di Desa Kebonterong Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Amalia, Neni (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Kegiatan Sosial Keagamaan : Penelitian di Desa Kebonterong Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya arus modernisasi dan perubahan kemajuan teknologi banyak memberi perubahan dalam kehidupan para remaja yang mengarah kepada krisis moral dan akhlak. Generasi saat ini lemah akan ilmu pengetahuan moral, dan agama. Lebih parah jika mereka melakukan hal yang bertentangan dengan agama dan kebudayaan Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam Kegiatan Sosial Keagamaan; (2) Mengetahui proses Kegiatan Sosial Keagamaan Karang Taruna Desa Kebonterong; (3) Mengetahui bagaimana Evaluasi Kegiatan Sosial Keagamaan Karang Taruna Desa Kebonterong; (4) Mengetahui Dampak Kegiatan Sosial Keagamaan pada Akhlak Anggota Karang Taruna Desa Kebonterong. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif, deskriptif yaitu suatu rumusan masalah yang memandu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, kuesioner/angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data displays) dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil menunjukan bahwa: Internalisasi nilai PAI melalui kegiatan sosial keagamaan sangat berperan dalam membentuk keimanan dan keperibadian yang taat kepada Allah Swt. dengan cara meningkatkan pengetahuan dan kesadaran beragama dikalangan masyarakat khususnya bagi pemuda di Desa kebonterong, meningkatkan amal ibadah masyarakat, mempererat tali silatuhrrahmi antar pemuda dan pemudi karang taruna di Desa Kebonterong dan Kondisi sosial keagamaan masyarakat desa kebonterong memiliki perkembangan yang sangat baik dan berpengaruh bagi masyarakat itu sendiri karena bagi masyarakat adanya nilai keagamaan merupakan hal yang sangat baik penting dan akan berpengaruh pada masa depan desa tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; nilai pendidikan agama islam; sosial keagamaan; karang taruna
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Neni Amalia
Date Deposited: 11 Sep 2023 10:41
Last Modified: 11 Sep 2023 10:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76553

Actions (login required)

View Item View Item