Layanan konseling individu untuk meningkatkan penerimaan diri pada pasien HIV-AIDS: Penelitian di RSUD Bayu Asih Purwakarta

Asri, Rihadatul (2023) Layanan konseling individu untuk meningkatkan penerimaan diri pada pasien HIV-AIDS: Penelitian di RSUD Bayu Asih Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-7.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy

Abstract

ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS) mengalami tantangan tidak hanya secara fisik tetapi juga psikologis dan sosial. Stigma, diskriminasi, dan ketakutan terhadap penderitaan serta kematian menciptakan tekanan psikologis seperti perasaan terguncang, penolakan, rasa bersalah, kemarahan, ketakutan, dan keputusasaan. Mereka merasa malu, terisolasi, diabaikan, diremehkan, dan kekurangan dukungan sosial. Rasa cemas dan kesulitan menerima kondisi juga dialami mereka. Penelitian ini bertujuan utama untuk memberikan dukungan dalam penerimaan diri kepada klien dengan HIV-AIDS. Fokusnya adalah membantu klien tetap kuat dan melanjutkan kehidupan di masa depan, serta mengatasi perasaan minder saat kembali beraktivitas seperti sebelumnya. Penelitian ini berlandaskan konsep pendekatan konseling individu yang digunakan sebagai alat untuk memahami lebih dalam mengenai masalah yang sedang dihadapi oleh klien, serta untuk memberikan dukungan dan panduan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh akurat dan faktual sesuai dengan fakta di lapangan mengenai layanan konseling individu untuk meningkatkan penerimaan diri pasien HIV-AIDS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data terdiri dari pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling individu bagi pasien HIV-AIDS melibatkan tiga tahapan yaitu pra-tes, tes HIV, dan konseling pasca-tes. Sebelumnya pasien mengalami kesedihan, kecemasan, dan takut. Setelah menjalani layanan konseling individu, terjadi perubahan positif yang signifikan pada pasien HIV-AIDS, pasien menunjukkan peningkatan dalam penerimaan diri, meningkatnya rasa percaya diri, dan pandangan yang lebih positif tentang diri sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: HIV-Aids; Konseling Individu; Penerimaan Diri
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rihadatul Asri
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:39
Last Modified: 12 Sep 2023 03:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76556

Actions (login required)

View Item View Item