Pendapat tokoh agama terkait talak di luar Pengadilan Agama dan komparasinya dengan Kompilasi Hukum Islam : Studi kasus di Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat

Fathiah, Iffah (2021) Pendapat tokoh agama terkait talak di luar Pengadilan Agama dan komparasinya dengan Kompilasi Hukum Islam : Studi kasus di Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Talak adalah melepaskan ikatan pernikahan dan mengakhiri hubungan suami istri. Menurut hukum Fikih perceraian dianggap jatuh hukumnya ketika seorang suami mengucapkan kata talak kepada istrinya baik secara jelas maupun kiasan. Sedangkan menurut UndangUndang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Pasal 115 Kompilasi Hukum Islam dijelaskan bahwa perceraian hanya dapat dilakukan di depan pengadilan setelah pengadilan yang bersangkutan berusaha dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak. Fenomena talak di luar Pengadilan Agama sangat signifikan di Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Fenomena ini menimbulkan berbagai dampak akibat perbedaan keabsahan talak seperti prosesi pelaksanaan iddah, perhitungan jumlah talak dan kewajiban suami istri apakah masih harus dijalankan atau sudah tidak ada lagi kewajiban yang harus dijalankan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk menganalisis pendapat tokoh agama terkait hukum talak di luar Pengadilan Agama, untuk menganalisis pendapat Kompliasi Hukum Islam terkait hukum talak di luar Pengadilan Agama, untuk menganalisis komparasi antara pendapat tokoh Agama dan Kompilasi Hukum Islam terkait hukum talak di luar Pengadilan Agama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi kepada 10 orang dengan kategori melakukan penceraian di luar Pengadilan dan 5 orang tokoh agama yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis komparatif. Penelitian ini menggunakan teori sistem hukum Lawrence M. Friedman.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Talak; Di luar pengadilan; Tokoh Agama; KHI;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Culture and Institutions > Family
Private Law
Private Law > Domestic Relations, Family Law, Marriage
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Keluarga
Depositing User: Iffah Fathiah
Date Deposited: 10 Sep 2023 03:18
Last Modified: 10 Sep 2023 03:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76566

Actions (login required)

View Item View Item