Wijaya, Faza Fadhilah Hayya (2023) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan Self-Regulated Learning peserta didik melalui model pembelajaran Collaborative Creativity. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang perlu ditingkatkan yang didukung dari hasil studi pendahuluan. Sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Collaborative Creativity. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Collaborative Creativity; (b) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (c) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Collaborative Creativity lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (d) Self-Regulated Learning peserta didik setelah memperoleh model pembelajaran Collaborative Creativity. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Jatinangor. Sampel penelitian yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non-tes, yaitu pretest, posttest dan angket Self-Regulated Learning. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Collaborative Creativity dengan kategori tinggi; (b) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional dengan kategori sedang; (c) Kemampuan berpikir kreatif antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Collaborative Creativity lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (d) Self-Regulated Learning peserta didik setelah memperoleh model pembelajaran Collaborative Creativity menunjukkan nilai yang positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative Creativity; Kemampuan Berpikir Kreatif; Self- Regulated Learning; |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Faza Fadhilah Hayya Wijaya |
Date Deposited: | 10 Sep 2023 11:41 |
Last Modified: | 10 Sep 2023 11:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76577 |
Actions (login required)
View Item |