Layanan konseling keluarga Sakinah dalam mengatasi perceraian : Studi deskriptif di KUA Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka

Rahayu, Pani Agustin (2023) Layanan konseling keluarga Sakinah dalam mengatasi perceraian : Studi deskriptif di KUA Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy

Abstract

Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan instansi Kementerian Agama terkecil yang berada di tingkat Kecamatan Malausma. KUA memiliki tugas membantu melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka dalam bidang urusan agama pada wilayah Kecamatan Malausma. Dengan melakukan konseling keluarga di KUA, keluarga yang memiliki permasalahan akan terhindar dari perceraian, mereka akan berfikir jernih dalam memutuskan untuk melanjutkan rumah tangganya atau bercerai. Pihak keluarga sakinah dan BP4 di KUA di Kecaman Malausma membantu mengarahkan setiap anggota individu keluarga untuk menyelesaikan permasalahannya. Maka dari itu, satu persatu kasus perceraian akan terselamatkan oleh adanya program layanan konseling keluarga sakinah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa layanan konseling keluarga sakinah yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Malausma dalam mengatasi perceraian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori konseling keluarga yang dikemukakan oleh Sofyan Willis yang menjelaskan bahwa upaya bantuan yang diberikan kepada individu keluarga melalui sistem pembenahan komunikasi keluarga agar potensinya berkembang seoptimal mungkin dan dapat mengatasi masalah dengan baik atas dasar kemauan membantu semua anggota keluarga berdasarkan kerelaan dan kecintaan terhadap keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi atau memotret situasi yang terjadi di sosial masyarakat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan observasi langsung ke lapangan, wawancara langsung dengan informan dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan layanan konseling keluarga sakinah di KUA Kecamatan Malausma dalam mengatasi perceraian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa layanan konseling keluarga sakinah yang dilakukan oleh pihak keluarga sakinah dan BP4 KUA Kecamatan Malausma dalam mengatasi perceraian yaitu dengan cara diberikan motivasi dan nasihat seperti tidak hidup boros, dapat menghargai penghasilan suami, saling intropeksi diri, selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Layanan konseling keluarga sakinah tersebut dilakukan dengan cara tatap muka, menceritakan masalah, mencari jalan keluar dengan berkomitmen, belajar untuk tidak mengulanginya lagi dengan konsisten.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Keluarga; Layanan; Perceraian
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perceraian Menurut Islam
Culture and Institutions > Family
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Pani Agustin Rahayu
Date Deposited: 10 Sep 2023 03:02
Last Modified: 10 Sep 2023 03:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76578

Actions (login required)

View Item View Item