Pengaruh Sholawat Thibbil Qulub terhadap kesehatan mental anggota Polisi : Studi deskriptif pada program Pembinaan Rohani dan Mental Polrestabes Bandung

Rurohim, Ghofur (2023) Pengaruh Sholawat Thibbil Qulub terhadap kesehatan mental anggota Polisi : Studi deskriptif pada program Pembinaan Rohani dan Mental Polrestabes Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian skripsi bertempat di Polrestabes Bandung pada kegiatan pembinaan rohani dan mental (binrohtal) didalamnya berisikan kajian ceramah, sholawat, dan doa bersama. Sebab dalam pelaksanaan tugasnya, banyak sekali personil yang acap kali mengalami stres dan tekanan batin akibat padatnya jadwal tugas yang diembannya. Maka dengan adanya kegiatan Binrohtal ini Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) mengharapkan agar para personil Polrestabes Bandung dapat merileksasi diri dan proses mengingat kembali muatan materi keagamaan atau bisa dikatakan juga tolabul ilmi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk untuk mengetahui seberapa pengaruh sholawat thibbil qulub terhadap kesehatan mental dan menganalisis sholawat thibbil qulub menggunakan teori kesehatan mental sebagai pisau analisisnya. Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai upaya menambah cakrawala pengetahuan dan kepustakaan tentang kesehatan mental yang dikaitkan dengan sholawat thibbil qulub. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Sebagai alat pengelola datanya menggunakan statistik dengan bantuan aplikasi SPSS for windows versi 29.0. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori Arikunto dengan menerapkan 10-15% dari total populasi 151 orang yang diwakilkan oleh Bhabinkamtibmas se-Kota Bandung. Hasil dari penelitian menunjukan pengaruh sholawat thibbil qulub terhadap kesehatan mental dengan tingkat persentasi 75%. Maka, sholawat thibbil qulub terbukti memiliki pengaruh dan dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan kesehatan mental pengamalnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sholawat; Binrohtal; Polisi; Kesehatan Mental
Subjects: Psychology
Religious Education
Depositing User: Ghofur Rurohim
Date Deposited: 10 Sep 2023 02:29
Last Modified: 10 Sep 2023 02:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76591

Actions (login required)

View Item View Item