Program konseling keluarga dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) sebagai upaya menciptakan keharmonisan keluarga : Penelitian di Pusat Pembelajaran keluarga kota bandung

Hanisya, Nabillah Nurul (2023) Program konseling keluarga dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) sebagai upaya menciptakan keharmonisan keluarga : Penelitian di Pusat Pembelajaran keluarga kota bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Keluarga merupakan suatu ikatan yang dibentuk dari adanya sebuah pernikahan, hubungan darah, atau adopsi terdiri atas ayah, ibu dan anak, dimana terdapat fungsi serta peran yang dapat berpengaruh pada setiap anggota. Tetapi dalam menjalankannya tentu akan terjadi problem, baik dari anggotanya sendiri, komunikasi yang tidak tepat, atau pengendalian emosi masing-masing yang akan mengakibatkan terjadinya disfungsional di dalamnya. Oleh karena itu dibutuhkan upaya preventif dan kuratif untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas dan harmonis. Sebagai wujud kepedulian negara dalam meningkatkan kehidupan berkeluarga dan ketahanan keluarga dibentuklah Pusat Pembelajaran Keluarga. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui program konseling mengenai permasalahan keluarga di Pusat Pembelajaran Keluarga Kota Bandung 2) untuk mengetahui proses konseling keluarga dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) di Pusat Pembelajaran Keluarga Kota Bandung 3) untuk mengetahui efektivitas program konseling keluarga dengan pendekatan Rational Emotive Bahavior Therapy (REBT) sebagai upaya menciptakan keharmonisan di Pusat Pembelajaran Keluarga Kota Bandung. Penelitian ini di dasari oleh teori dari Albert Ellis yang telah menciptakan Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) sebagai upaya untuk mancakup pikiran, perasaan dan perilaku. Teori pendekatan ini menginstruksikan anggota keluarga dapat bertanggung jawab pada perbuatannya serta berusaha mengubah reaksinya terhadap situasi keluarga Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah psikolog/konselor, anak serta orang tua. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) program konseling keluarga difokuskan pada peningkatan kapasitas pengasuhan orang tua, dimana orang tua bisa menjadi sahabat bagi anaknya; 2) proses dengan pendekatan REBT diberikan untuk merefleksikan keyakinan dari pemikirannya terhadap situasi dirinya sehingga memahami dan mengenali bahwa perasaan dan perilakunya telah dipengaruhi oleh keyakinan irasionalnya yang telah memengaruhi anggota keluarga lainnya; dan 3) maka efektivitas dapat dilihat dari kesadaran masing-masing anggotanya yang dapat mengubah dan menerima setiap anggota dalam keluarga sehingga menciptakan keharmonisan di dalamnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Keluarg;, Rational Emotive Bahevior Therapy (REBT); Harmonis;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nabillah Nurul Hanisya
Date Deposited: 10 Sep 2023 03:20
Last Modified: 10 Sep 2023 03:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76597

Actions (login required)

View Item View Item