Pengaruh budaya Kaizen (Continuous Improvement) terhadap kinerja karyawan : Penelitian pada karyawan PT. UTC Aerospace Systems Bandung Operations

Annaas, Fadia Allika (2023) Pengaruh budaya Kaizen (Continuous Improvement) terhadap kinerja karyawan : Penelitian pada karyawan PT. UTC Aerospace Systems Bandung Operations. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy

Abstract

Budaya organisasi dalam penelitian ini mengambil budaya kaizen karena telah diterapkan pada pada PT. UTC Aerospace Systems Bandung Operations. Budaya kaizen (continuous improvement) adalah salah satu budaya dari negeri sakura Jepang. Budaya kaizen merupakan budaya yang efektif untuk peningkatan berkelanjutan secara perlahan, yang membuat proses lebih efisien, efektif, terkontrol dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan budaya kaizen (continuous improvement) di PT. UTC Aerospace Sytems Bandung Operations; (2) mendeskripsikan kinerja karyawan di PT. UTC Aerospace Sytems Bandung Operations; (3) mendeskripsikan pengaruh budaya kaizen (continuous improvement) terhadap kinerja karyawan di PT. UTC Aerospace Sytems Bandung Operations. Pendekatan secara kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional dipilih dalam penelitian ini. Sumber data sekunder digunakan dalam penelitian ini juga. Dimana data sekunder didapatkan dari laporan tentang budaya kaizen dan kinerja di PT UTC Aerospace Sytems Bandung Operations periode 2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik ( uji normalitas dengan p-plot dan uji normalitas dengan tabel kolmogorov-smirnov serta uji linearitas), uji korelasi (uji korelasi pearson product moment), uji hipotesis (uji regresi linear sederhana dan uji parsial t) serta uji R square. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Pengaruh Budaya Kaizen (Continuous Improvement) terhadap Kinerja Karyawan pada PT. UTC Aerospace Systems Bandung Operations menunjukkan data yang terdistribusi normal karena diperoleh uji normalitas nilai residual 0,200 > 0,05 dan memiliki hubungan linear dari uji linearitas didapat nilai 0,638 > 0,05; (2) Hasil uji korelasi didapatkan data bahwasannya budaya kaizen (continuous improvement) memiliki hubungan dengan kinerja karyawan didapat angka dari uji korelasi yaitu 0,001 lebih kecil 0,05 yang berarti memiliki hubungan yang signifikan. Untuk skor koefisien korelasi yaitu 0,370 mendefinisikan berada pada tingkat “hubungan tidak cukup kuat”; (4) Hasil uji regresi linear sederhana menyatakan setiap peningkatan 1 % budaya kaizen (continuous improvement) maka kinerja karyawan akan tumbuh yaitu sebesar 0,084; (5) Hasil uji t (uji parsial) menyatakan pengaruh kedua variabel memperlihatkan nilai thitung sebesar 3,519 > 1,664 nilai ttabel dengan sigifikansi 0,000 lebih kecil 0,05 yang berarti budaya kaizen memiliki pengaruh baik (positif) dan bermakna (signifikan) terhadap kinerja karyawan; (6) Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai 0,137 sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa budaya kaizen (continuous improvement) mempunyai kontribusi terhadap kinerja karyawan sebanyak 13,7% sedangkan 86,3% lainnnya dipengaruhi oleh unsur lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi; Budaya Kaizen; Kinerja Karyawan
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fadia Allika Annaas
Date Deposited: 11 Sep 2023 05:22
Last Modified: 11 Sep 2023 05:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76621

Actions (login required)

View Item View Item