Mar, Nur Azmi (2023) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) dalam materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir sistem (KBS) mendukung HOTS untuk memahami mekanisme sistem yang saling berpengaruh. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap KBS siswa dalam materi sistem reproduksi. Penelitian mix method menggunakan desain embedded. Teknik purposive sampling memperoleh sampel 35 siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas reguler. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya lembar observasi, soal uraian terbatas yang memuat lima indikator KBS (mengidentifikasi komponen, fungsi komponen, hubungan setiap komponen, keseimbangan dalam sistem, dan hubungan antar sistem), lembar asesmen kinerja produk, dan kuesioner kendala. Penelitian memperoleh hasil bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa memperoleh kriteria sangat baik. Hasil uji hipotesis diperoleh 0,011 < 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh model PjBL terhadap KBS siswa. Hasil dari uji cohen’s effect size diperoleh nilai sebesar 0,353 yang menunjukkan bahwa model PjBL memberikan efek cukup. Hasil asesmen produk siswa pada kelas eksperimen menunjukkan kategori baik (57,1%) dan sangat baik (42,9%). Siswa mengalami kendala kurang memahami materi di awal pembelajaran sebesar 65,7%. Model PjBL berpengaruh dengan efek cukup terhadap peningkatan KBS siswa. Model PjBL dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan KBS siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Sistem; KBS; PjBL; Sistem Reproduksi |
Subjects: | Education Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Azmi Mar |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 09:20 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 09:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76631 |
Actions (login required)
View Item |