Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) dalam materi sistem reproduksi

Mar, Nur Azmi (2023) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) dalam materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir sistem (KBS) mendukung HOTS untuk memahami mekanisme sistem yang saling berpengaruh. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap KBS siswa dalam materi sistem reproduksi. Penelitian mix method menggunakan desain embedded. Teknik purposive sampling memperoleh sampel 35 siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas reguler. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya lembar observasi, soal uraian terbatas yang memuat lima indikator KBS (mengidentifikasi komponen, fungsi komponen, hubungan setiap komponen, keseimbangan dalam sistem, dan hubungan antar sistem), lembar asesmen kinerja produk, dan kuesioner kendala. Penelitian memperoleh hasil bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa memperoleh kriteria sangat baik. Hasil uji hipotesis diperoleh 0,011 < 0,05 yang menunjukkan adanya pengaruh model PjBL terhadap KBS siswa. Hasil dari uji cohen’s effect size diperoleh nilai sebesar 0,353 yang menunjukkan bahwa model PjBL memberikan efek cukup. Hasil asesmen produk siswa pada kelas eksperimen menunjukkan kategori baik (57,1%) dan sangat baik (42,9%). Siswa mengalami kendala kurang memahami materi di awal pembelajaran sebesar 65,7%. Model PjBL berpengaruh dengan efek cukup terhadap peningkatan KBS siswa. Model PjBL dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan KBS siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Sistem; KBS; PjBL; Sistem Reproduksi
Subjects: Education
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Azmi Mar
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:20
Last Modified: 11 Sep 2023 09:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76631

Actions (login required)

View Item View Item