Nurpitri, Aisah (2023) Pemberdayaan santri melalui program Life Skill di Pondok Pesantren Rojaul Huda Lembang Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok pesantren memegang peranan penting dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Pesantren, salah satu lembaga pendidikan penunjang pembangunan Indonesia, adalah pesantren yang mampu mendukung dan mengembangkan sumber daya manusia, dalam hal ini santri, agar santri mampu menghadapi dan mengikuti perkembangan. Program life skill sebenarnya bukan hal yang baru bagi pesantren, karena sudah lama menjadi andalan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberdayaan santri melalui program life skill di pondok pesantren Rojaul Huda, secara khusus pembahasannya diarahkan untuk menjawab konsep, implementasi, dan hasil pemberdayaan santri melalui program life skill. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori pemberdayaan Jim Ife (1997, h. 174), yang menyatakan bahwa pemberdayaan berarti menyiapkan kepada individu berupa sumber daya, kesempatan, pengetahuan dan keahlian untuk meningkatkan kapasitas diri dalam menentukan masa depan mereka, serta berpartisipasi dan memengaruhi kehidupan dalam komunitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini, digunakan tafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pengembangan Masyarakat Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pemberdayaan Santri Melalui Program Life Skill di Pondok Pesantren Rojaul Huda. Pondok pesantren Rojaul Huda menghadirkan naungan metode pengajaran berbasis salafiyah yang modern, yang memadukan antara pembelajaran agama dan pengembangan program life skill. Macam-macam program life skill yang dikembangkan di pondok pesantren Rojaul Huda, meliputi pertama, kecakapan hidup umum didalamnya mencakup kecakapan personal dan kecakapan sosial. Terakhir, yang dicapai dari dilaksanakannya program yaitu membentuk karakter aktif santri, meningkatkan kreativitas dan produktivitas santri, menciptakan etos kerja santri, meningkatnya kemampuan wirausaha santri, kedinamisan dalam kehidupan santri, dan melatih cara berpikir kritis santri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Life Skill; Pemberdayaan; Pondok Pesantren; Pengembangan Masyarakat Islam |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Character Development Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Social Process > Social Change |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Aisah Nurpitri |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 06:48 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 06:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76652 |
Actions (login required)
View Item |