Implementasi program Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karya dalam pengembangan perekonomian bersama komunitas Kefir Indonesia : Studi deskriptif di Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karya, Cisarua Kabupaten Bandung Barat

Ash-shidiqi, Muhammad Fawwaz (2023) Implementasi program Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karya dalam pengembangan perekonomian bersama komunitas Kefir Indonesia : Studi deskriptif di Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karya, Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Program pembelajaran dan pelatihan keterampilan yang diselenggarakan oleh Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karya membantu mengatasi masalah gelandangan dan pengemis. Program ini memberikan pelatihan kepada mereka agar memiliki keterampilan yang berguna, sehingga mereka dapat meningkatkan kemandirian ekonomi mereka dan mengurangi ketergantungan pada kegiatan mengemis. Selain itu, program ini juga memberikan dukungan sosial dan reintegrasi masyarakat, membantu para peserta untuk kembali menjadi anggota produktif dalam masyarakat. Dengan demikian, program tersebut memiliki dampak positif yang lebih luas, tidak hanya dalam mengatasi masalah gelandangan dan pengemis, tetapi juga dalam meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana program ini dijalankan, mengidentifikasi langkah-langkah yang telah dilakukan dalam kerjasama antara Pusat Pelayanan Sosial Griya Bina Karya dan Komunitas Kefir Indonesia, serta mengevaluasi efek positif yang telah terjadi atas program ini. Teori yang diterapkan dalam penelitian ini berasal dari Syaukani dkk (2004: 295) dalam artikel yang membahas tentang Implementasi. Menurut teori tersebut, implementasi merupakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk menyampaikan kebijakan kepada masyarakat dengan harapan dapat mencapai hasil yang diinginkan. Peneliti menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif: Pendekatan deskriptif bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan fenomena yang diteliti dengan sangat rinci, sedangkan pendekatan kualitatif menekankan pada pengumpulan dan analisis data yang lebih bersifat naratif, subjektif, dan kualitatif. Dengan demikian, penelitian ini berfokus pada pemahaman mendalam tentang subjek yang diteliti. Program cafe PRSBK dan pembuatan susu kefir meningkatkan keterampilan warga binaan dalam mengelola cafe dan membuat susu kefir, sehingga mereka dapat hidup mandiri, mencapai stabilitas ekonomi, dan memiliki peran sosial yang kuat. Selain itu, PPSGBK dan KKI juga mendapatkan manfaat dari peningkatan pengunjung dan pemasukan tambahan dari penjualan susu kefir yang kompetitif secara komersil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Program; Ekonomi
Subjects: Islam > Islam and Economics
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: M.Fawwaz A Fawwaz Fawwaz
Date Deposited: 10 Sep 2023 04:00
Last Modified: 13 Sep 2023 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76659

Actions (login required)

View Item View Item