Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Miftahul Falah Kota Bandung

Mulyawati, Lala Tri (2023) Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat beberapa kondisi yang dirasakan oleh siswa kelas III dalam mengikuti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), diantaranya siswa kurang fokus dan kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan materi yang dijelaskan guru seperti mengobrol dengan teman sebangku, keluar masuk kelas dan siswa merasa bosan ketika belajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode bernyanyi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas III MI Miftahul Falah. 2) gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III MI Miftahul Falah. 3) peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode bernyanyi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas III MI Miftahul Falah pada setiap siklusnya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 23 siswa kelas III-C MI Miftahul Falah. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Proses kegaiatan pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi mengalami peningkatan, baik aktivitas yang dilakukan guru maupun siswa. Pada siklus I hasil observasi siswa memperoleh nilai 77% dan guru 84% keduanya masuk pada kategori “Baik”. Siklus II memperoleh hasil observasi siswa 90% dan guru 100% dan keduanya masuk pada kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode bernyanyi pada siklus I maupun II proses pembelajaran menjadi lebih baik. Hasil dari penelitian ini bahwa: pada pra siklus skor rata-rata 58 dan ketuntasan klasikal 34% masuk dalam katergori kurang. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata sebesar 80 dan ketuntasan klasikal 69% masuk dalam kategori baik. Terakhir pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 98 dan ketuntasan klasikal 100% masuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, penerapan metode bernyanyi pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Bernyanyi; Sejarah Kebudayaan Islam;
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lala Tri Mulyawati
Date Deposited: 11 Sep 2023 05:37
Last Modified: 11 Sep 2023 05:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76661

Actions (login required)

View Item View Item