Peran ikatan remaja masjid takbir dalam memperbaiki kondisi sosial masyarakat di Kampung Rancasepat : studi deskriptif ikatan remaja masjid takbir di Desa Rancaekek Kulon

Oktapiani, Dila Nur (2023) Peran ikatan remaja masjid takbir dalam memperbaiki kondisi sosial masyarakat di Kampung Rancasepat : studi deskriptif ikatan remaja masjid takbir di Desa Rancaekek Kulon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy

Abstract

Ikatan Remaja Masjid merupakan organisasi masyarakat dan sebuah wadah untuk para remaja dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga bisa diimplementasikan dengan kondisi masyarakat yang berada di Kampung Rancasepat, peran Ikatan Remaja Masjid Takbir ini menjadi acuan penting sebagai motor penggerak para remaja dalam memberdayakan suatu daerah yang berada di Kampung Rancasepat, mengenai program yang dilaksanakannya menjadikan perubahan pada kondisi yang lebih berwarna dan bermanfaat bagi para remaja serta warga masayarakat.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran daripada Ikatan Remaja Masjid Takbir ini dalam menganalisis permasalahan serta kondisi masyarakat yang berada di Kampung Rancasepat ini sehingga dicapainya masyarakat yang berdaya dalam aspek sumber daya manusia. Secara lebih jelasnya untuk mengetahui program yang diterapkan, proses pelaksanaan serta hasil yang dicapai oleh masyarakat di Kampung Rancasepat. Landasan pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menurut Thoha yang menyatakan bahwa peran merupakan aspek yang dinamis dari kedudukan seseorang apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka orang yang bersangkutan menjalankan suatu peranan. Metode yang digunakan dalam deskriptif kualitatif dalam penampungan informasi ini dilakukan dengan cara observasi secara langsung ke lapangan dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait serta melalui dokumentasi, dalam menganalisis informasi ini digunakan dengan cara mengumpulkan semua data informasi, mereduksi data, verifikasi data dan melakukan tarik kesimpulan. Hasil daripada penelitian menunjukan peran Ikatan Remaja Masjid ini membantu dalam aspek sumber daya manusia yang harmonis dengan berbagai program kegiatan kemasyarakatan seperti kerja bakti, kegiatan keagamaan hari besar Islam, kegiatan Ramadhan berbagi dan peduli sosial. Dengan program ini. Hasil penelitian yang dicapai oleh masyarakat di Kampung Rancasepat ini dilihat dari kondisi masyarakat yang dialami oleh warga masyarakat pada awalnya tidak memiliki kepekaan setiap pelaksanaan kegiatan kesosialan yang diadakan di daerah Kampung Rancasepat ini, maka dari itu para remaja Ikatan Remaja Masjid ini menjadikan motor penggerak untuk kegiatan-kegiatan kesosialan dan sekaligus memperbaiki kondisi sosial yang terjadi, yang tadinya disuatu kampung yang tidak memiliki kegiatan sosial kemasyarakatan menjadi ada. Dengan hasil yang dicapai warga masyarakat antusias mengikuti kegiatan dengan melihat aksi yang nyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Ikatan Remaja Masjid; Kondisi Sosial; Sumber Daya Manusia;
Subjects: General Organizations, Foundations
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dila Nur Oktapiani
Date Deposited: 11 Sep 2023 10:43
Last Modified: 11 Sep 2023 10:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76662

Actions (login required)

View Item View Item