Hubungan kepuasan kerja dengan sikap resistensi pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah : Penelitian pada Madrasah Aliyah Swasta se-Kota Cimahi

Huriah, Yayu Yulia Siti (2023) Hubungan kepuasan kerja dengan sikap resistensi pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah : Penelitian pada Madrasah Aliyah Swasta se-Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Yayu Yulia_1192010162_MPI-1.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Pada hakekatnya manusia bekerja mempunyai tujuan yaitu untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Setiap orang yang masuk dan bergabung di sebuah lembaga atau organisasi pasti memiliki keinginan dan kebutuhan yang diharapkan dapat terpenuhi ditempatnya tersebut. Menjadi seorang karyawan dalam bekerja merupakan bagian penting dalam kehidupan seseorang. Sehingga kepuasan kerja juga mempengaruhi kehidupan seseorang (Seodjono dalam (As'ad, 2014)). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). mendeskripsikan realitas kepuasan kerja pendidik dan tenga kependidikan Madrasah Aliyah Swasta se-Kota Cimahi. 2). mendeskripsikan realitas sikap resistensi pendidik dan tenga kependidikan Madrasah Aliyah Swasta se-Kota Cimahi. 3). menganalisis hubungan kepuasan kerja dengan sikap resistensi pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Aliyah Swasta se-Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah menggunakan angket kuesioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini ialah uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linearitas), serta uji koefisien korelasi determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, pengujian statistik menunjukan bahwa: .1) Kepuasan Kerja pada variabel X di Madrsah Aliyah se-Kota Cimahi termasuk pada katogori tinggi dengan keseluruhan rata-rata 3,41. 2) Sikap Resistensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Swasta se-Kota Cimahi diperoleh skor sebesar 2668 dengan nilai rata-rata keseluruhan 4,30, 3) Berdasarkan Nilai Signifikansi Sig. (2-tailed): Diketahui nilai Sig. (2-tailed) anara variabel X dengan variabel Y adalah sebesar 0.000 < 0,05 yang berarti terdapat kolerasi yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Berdasarkan Nilai Correlation Coefficient: Diketahui nilai korelasi sebesar 0,442. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja dan sikap resistensi memiliki hubungan yang sedang. Hubungan tersebut menandakan bahwa arah hubungan variabel X dan variabel Y adalah negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja; Resistensi; Pendidik dan Kependidikan
Subjects: Causation
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yayu Yulia Siti Huriah
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:08
Last Modified: 03 Oct 2023 03:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76663

Actions (login required)

View Item View Item