Layanan bimbingan rohani Islam untuk mengatasi kecemasan pasien Pre Operasi : Penelitian di Rumah Sakit Islam Assyifa Sukabumi

Fuad, Samratul (2023) Layanan bimbingan rohani Islam untuk mengatasi kecemasan pasien Pre Operasi : Penelitian di Rumah Sakit Islam Assyifa Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Setiap manusia tentu pasti menginginkan dirinya sehat baik secara fisik maupun psikis. Namun kondisi sehat dan sakit adalah dua kondisi yang senantiasa dialami oleh setiap manusia. Sebagian besar orang yang sakit akan mengalami goncangan mental dan jiwanya, terlebih lagi jika penyakit yang dideritanya mengharuskan dirinya untuk di rawat inap dan dilakukan operasi. Tindakan bedah merupakan pengalaman sulit yang dapat menimbulkan kecemasan, maka tidak heran jika sering kali pasien yang menunjukan perilaku atau sikap yang berlebih ketika mengalami kecemasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan rohani Islam, faktor pendukung dan penghambat layanan bimbingan rohani Islam serta hasil yang dicapai dari bimbingan rohani Islam dalam mengatasi kecemasan pasien pre operasi di Rumah Sakit Islam Assyifa Kota Sukabumi. Bimbingan dan perawatan rohani Islam adalah proses pemberian bantuan, pemeliharaan, pengembangan dan pengobatan rohani dari segala macam gangguan dan penyakit yang mengotori kesucian fitrah ruhani manusia agar selamat sejahtera dunia akhirat didasarkan pada tuntunan Al-Qur’an, As Sunnah dan hasil ijtihad melalui metodologi penalaran dan pengembangan secara: istinbathy (deduktif), Istiqro’iu (induktif/riset), Iqtibasy (meminjam teori) dan ‘irfany (laduni/hudhuri) (Arifin,1:2015) Metode penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendektakan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengolah data, kemudian dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan rohani terdiri dari tahap pra bimbingan, tahap pelaksanaan bimbingan dan tahap akhir pelaksanaan bimbingan, Adapun faktor pendukung pelaksanaan bimbingan rohani Islam yaitu adanya kerja sama yang baik dari petugas rohaniawan, pegawai, pasien, keluarga pasien dalam mengikuti dan menyelenggarakan bimbingan rohani islam sementara faktor penghambat pelaksanaan bimbingan rohani yaitu adanya keterbatasan sumber daya manusia (SDM) petugas rohaniawan dalam menangani pasien. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan rohani islam untuk mengatasi kecemasan pasien pre operasi di Rumah Sakit Islam Assyifa Sukabumi berjalan dengan baik dan berhasil, hal ini dibuktikan dengan pasien memiliki keyakinan hati dan perasaan yang tenang dan nyaman ketika akan menjalani operasi, bersikap sabar dan tawakkal yang nantinya akan mempercepat proses penyembuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Kecemasan Pre Operasi
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Miscellaneous Branches of Medicine and Surgery > Operative Surgery
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Samratul Fuad
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:45
Last Modified: 11 Sep 2023 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76680

Actions (login required)

View Item View Item