Aktivitas santri dalam mengikuti kegiatan Pidato Mingguan Pondok Pesantren Raudatul Muta'alimin hubungannya dengan kepercayaan diri mereka dalam kehidupan sehari-hari

Setiawati, Epi (2023) Aktivitas santri dalam mengikuti kegiatan Pidato Mingguan Pondok Pesantren Raudatul Muta'alimin hubungannya dengan kepercayaan diri mereka dalam kehidupan sehari-hari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya santri dipondok Pesantren Raudatul Muta’alimin yang merasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, pesantren mengadakan kegiatan pidato mingguan bagi para santri. Partisipasi santri dalam kegiatan ini sangat diperlukan, namun sayangnya tidak setiap santri bersedia untuk menjadi petugas acara rutinan tersebut. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara aktivitas kegiatan pidato dengan kepercayaan diri pada santri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; 1) Aktivitas dan kegiatan pidato santri yang diadakan setiap minggu. 2) Tingkat kepercayaan diri para santri. 3) Hubungan antara aktivitas kegiatan pidato santri di pesantren dengan kepercayaan diri para santri. Penelitian ini berdasarkan teori kompri, bahwa pesantren adalah lembaga pendidikan tradisional yang didalamnya mempelajari, memahami, mendalami, menghayati serta mengamalkan ajaran islam. Adapun, salah satu aktivitas yang dilakukan dalam usaha menyampaikan ilmu di pesantren adalah dengan cara berdakwah yang membutuhkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah hubungan aktivitas santri dalam mengikuti kegiatan pidato mingguan dengan kepercayaan diri mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Sampel dalam penelitian 70 santri pondok pesantren Raudatul Muta’alimin. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, wawancara, studi dokumen. Adapun Teknik analisis datanya menggunakan analisis parsial, uji normalitas, analisis korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Realitas aktivitas santri mengikuti kegiatan pidato mingguan termasuk kedalam kategori tinggi. yaitu 4,08. ada dalam interval 3,40 – 4,19. 2) Korelasi kepercayaan diri santri termasuk kedalam kategori tinggi. memiliki nilai 3,83. berada pada interval 3,40 – 4,19. 3) Berdasarkan uji hipotesis dengan nilai t hitung adalah (7.80) dan nilai t tabel dengan signifikansi 5% adalah (1.997), yang artinya nilai t hitung (7.80) lebih besar > dari t tabel (1.997) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel X (aktivitas santri dalam mengikuti kegiatan pidato mingguan) dengan variabel Y(kepercayaan diri mereka),disimpulkan bahwa hipotesis diterima, kemudian kadar hubungan kedua variabel yaitu sebesar 47,61 %. Dengan demikian terdapat hubungan aktivitas santri dalam mengikuti pidato mingguan terhadap kepercayaan diri mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Santri; Pidato Mingguan; Kepercayaan diri
Subjects: Rhetoricand Collections of Literary > Rhetoric of Speech
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Epi Setiawati
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:00
Last Modified: 15 Sep 2023 07:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76696

Actions (login required)

View Item View Item