Bentuk interaksi kelompok KKN Sisdamas dalam membangun solidaritas: Penelitian pada anggota kelompok KKN Sisdamas 318 UIN Sunan Gunung Djati

Ramadhan, Azzahra Habibah (2023) Bentuk interaksi kelompok KKN Sisdamas dalam membangun solidaritas: Penelitian pada anggota kelompok KKN Sisdamas 318 UIN Sunan Gunung Djati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy

Abstract

KKN Sisdamas merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) milik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati sebagai dari bagian ajaran Tri Dharma Perguruan Tinggi Negeri yaitu pengabdian kepada masyarakat. LP2M mengelompokkan mahasiswanya ke dalam beberapa kelompok dan disebar ke delapan kabupaten di Jawa Barat. Dan salah satu kelompok yang terbentuk adalah Kelompok KKN Sisdamas 318 yang ditempatkan di Bojong Barat dengan berisi 16 anggota dari jurusan yang berbeda. Antar anggotanya diharuskan untuk saling berinteraksi agar progam yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan akan membentuk suatu interaksi dan juga membentuk suatu solidaritas sosial. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk interaksi di antara anggota Kelompok KKN Sisdamas 318, mengetahui cara anggota kelompok KKN Sisdamas 318 dalam membangun sikap solidaritas dan mengetahui faktor pendorong dan penghambat pada sikap solidaritas di antara anggota Kelompok KKN Sisdamas 318. Penelitian ini menggunakan teori solidaritas sosial dari Emile Durkheim yang menjelaskan tentang perasaan kekerabatan atau solidaritas dan membahas hubungan masyarakat yang terbagi menjadi dua, yaitu solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Mengambil data yang bersumber dari data primernya yaitu sembilan anggota sebagai informan kunci dan sumber sekunder yang diambil dari sumber seperti buku, dokumen, jurnal dan sumber lainnya yang relevan dengan masalah penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya diambil melalui tiga cara, yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Setelahnya data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi di antara anggota Kelompok KKN Sisdamas 318 dilakukan secara verbal maupun non verbal. Dari interaksi yang terjalin diantara anggota kelompok akan membentuk interaksi seperti kerja sama, asimilasi dan konflik. Sedangkan cara anggota Kelompok KKN Sisdamas 318 dalam membangun sikap solidaritas adalah dengan mempererat ikatan kekeluargaan, kebersamaan, gotong royong, kerja sama, saling peduli, dan saling mengingatkan tujuan awal mereka. Kemudian faktor pendorong pada sikap solidaritas anggota Kelompok KKN Sisdamas 318 yaitu memiliki kesamaan tujuan dan ketertarikan pada proses pelaksanaan KKN Sisdamas, dan kesamaan latar belakang daerah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sikap egois yang dimiliki anggota kelompok sehingga berdampak langsung pada pergerakan kelompok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Interaksi; Solidaritas; Kelompok; KKN Sisdamas;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Azzahra Habibah Ramadhan
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:53
Last Modified: 11 Sep 2023 09:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76707

Actions (login required)

View Item View Item