Hubungan penerapan Educational Manajemen Information System (EMIS) dengan efektifitas kinerja tenaga kependidikan di Madrasah : Penelitian pada tenaga kependidikan di MAN Se-Kota Sukabumi

Al Muzayyinah, Siti Sofa (2023) Hubungan penerapan Educational Manajemen Information System (EMIS) dengan efektifitas kinerja tenaga kependidikan di Madrasah : Penelitian pada tenaga kependidikan di MAN Se-Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi manajemen dalam dunia pendidikan semakin berkembang, salah satu produk nya yaitu Educational Manajemen Information System (EMIS). EMIS hadir untuk mempermudah informasi dalam dunia pendidikan, dalam pengelolaannya penerapan EMIS membutuhkan banyak faktor, diantaranya pada sumber daya manusia yakni tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan akan memiliki tingkat kinerja yang tinggi apabila terdapat kesesuaian antara pekerjaan dan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan Educational Manajemen Information System (EMIS) pada madrasah se-Kota Sukabumi, (2) efektititas kinerja tenaga kependidikan pada madrasah se-Kota Sukabumi, (3) hubungan penerapan Educational Manajemen Information System (EMIS) dengan efektifitas kinerja tenaga kependidikan se-Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah tenaga kependidikan di MAN se-Kota Sukabumi dengan jumlah 42 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) Penerapan Educational Management Information System di MAN se-Kota Sukabumi memperoleh hasil rata-rata 3,37 dari hasil pengolahan data, (2) Efektifitas kinerja tenaga kependidikan di MAN se-kota Sukabumi memperoleh hasil dengan nilai rata-rata 3,42 dari hasil pengolahan data, (3) berdasarkan hasil korelasi 0,001, maka terdapat korelasi antar variabel, selanjutnya berdasarkan nilai pearson correlation sebesar 0,441 maka kriteria korelasi kedua variabel yaitu memiliki hubungan yang besar atau sangat kuat. Oleh karena itu, kedua variabel memiliki hubungan yang searah yang berarti semakin tinggi penerapan EMIS maka semakin tinggi pula efektifitas kinerja tenaga kependidikan. Selain itu juga memperoleh hasil dari uji koefisien determinasi (R square) sebesar 0,356 yang artinya kontribusi variabel penerapan Educational Management Information System dengan efektivitas kinerja tenaga kependidikan sebesar 35,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan EMIS; Efektifitas Kinerja; Tenaga kependidikan.
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: siti sofa al-muzayyinah
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:59
Last Modified: 11 Sep 2023 09:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76749

Actions (login required)

View Item View Item