Bahasa Jurnalistik dalam berita Superball di Tribun Jabar edisi Maret 2023 : Studi analisis isi terhadap pemberitaan Penolakan Timnas Israel pada Gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia

Anugrah, Luqy Luqman (2023) Bahasa Jurnalistik dalam berita Superball di Tribun Jabar edisi Maret 2023 : Studi analisis isi terhadap pemberitaan Penolakan Timnas Israel pada Gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)

Abstract

Bahasa jurnalistik, yang juga dikenal sebagai bahasa pers, memiliki dampak signifikan pada kenyamanan masyarakat dalam mengakses berita melalui media online. Oleh karena itu, penggunaan bahasa jurnalistik dalam menginterpretasikan berita dapat memiliki pengaruh yang besar terhadap pengalaman membaca berita oleh masyarakat, baik itu berita ekonomi, politik,kriminal, pemerintah, budaya, maupun berita olahraga yang sering mendapatkan perhatian. Peneliti tertarik untuk meneliti penggunaan bahasa jurnalistik di media online terkhusus dalam berita olahraga di media TribunJabar.id . Tujuan peneliti adalah menindetifikasi penerapan bahasa jurnalistik singkat dan padat,mengindetifikasi bahasa jurnalistik sederhana dan jelas , mengindetifikasi bahasa jurnalistik lugas dan menarik, juga mengindetifikasi penggunaan bahasa jurnalistik populis dan menghindari kata tutur pada berita olahraga Konsep yang diterapkan berasal dari 17 ciri khas bahasa jurnalistik menurut Sumadiria (2016), namun dalam penelitian ini hanya difokuskan pada 8 ciri khas bahasa jurnalistik. Ciri-ciri tersebut mencakup bahasa jurnalistik yang singkat dan padat, bahasa jurnalistik yang sederhana dan mudah dipahami, bahasa jurnalistik yang lugas dan menarik, serta bahasa jurnalistik yang populer dan menghindari penggunaan kalimat yang panjang. Dalam penelitian ini, metode analisis konten digunakan untuk secara rinci mendeskripsikan subjek penelitian. Peneliti menganalisis penerapan gaya bahasa jurnalistik yang singkat dan padat, mengidentifikasi penggunaan bahasa jurnalistik yang sederhana dan jelas, mengevaluasi bahasa jurnalistik yang lugas dan menarik, serta mengamati penggunaan bahasa jurnalistik yang populis dan menghindari penggunaan kata-kata tidak perlu pada berita olahraga edisi Maret 2023 dari situs TribunJabar.id. Dari hasil penelitian, terungkap bahwa penerapan bahasa jurnalistik dalam berita mengenai penolakan Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia di situs TribunJabar.id sudah sebagian besar baik. Namun, dalam analisis terhadap 15 berita yang diambil sebagai sampel, ditemukan beberapa temuan. Lima berita di antaranya tidak mematuhi prinsip penggunaan gaya bahasa jurnalistik yang singkat dan padat. Sepuluh berita lainnya tidak memenuhi standar penggunaan bahasa jurnalistik yang sederhana. Selain itu, terdapat sembilan berita yang penggunaan bahasa jurnalistiknya kurang jelas. Lima berita tidak memenuhi kriteria penggunaan bahasa jurnalistik yang lugas, dan tidak ditemukan kesalahan dalam penggunaan bahasa jurnalistik menarik. Lebih lanjut, lima berita juga terbukti tidak menggunakan bahasa jurnalistik populis dan menghindari penggunaan kata tutur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jurnalistik; Penolakan; Media Daring; TribunJabar.id.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Luqy Luqman Anugrah
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:00
Last Modified: 11 Sep 2023 08:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76758

Actions (login required)

View Item View Item