Pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Return On Asset (ROA) terhadap harga saham: Studi pada perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2021

Jaenudin, Fahmi (2023) Pengaruh Operating Profit Margin (OPM) dan Return On Asset (ROA) terhadap harga saham: Studi pada perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan manufaktur dalam bidang distribusi barang konsumsi merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhana masyarakat dengan tujuan mendasar untuk kebutuhan primer di masyarakat. Perusahaan distribusi barang konsumsi dapar menarik perhatian investor untuk berinvestasi, hal ini ditandai dengan perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi di Indonesia. Dengan melihat laporan keuangan perusahaan, investor dapat mengetahui Harga Saham serta variabel yang mempengaruhi Harga Saham yaitu Operating Profit Margin serta Return On Asset. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara parsial ataupun simultan tentang pengaruh Operating Profti Margin dan Return On Asset terhadap Harga Saham pada perusahaan PT. Uniliver Indonesia Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2021. Operating Profit Margin merupaak ukuran berapa banyak uang yang dibawa perusahaan dibandingkan dengan berapa banyak pengeluarannya, secara teori Operating Proft Margin akan berpengaruh positif terhadap Harga Saham, dan Return On Asset merupakan metrik keuangan penting yang mencerminkan profitabilitas perusahaan, secara teori Return On Asset secara teori akan berpengaruh positif terhadap Harga Saham. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan ialah data sekunder tahunan dari laporan keuangan tahun 2012-2022. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis asumsi klassik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengelahan data menggunakan SPSS dan Miscrosoft Excel sebagai pengolahan data awal. Hasil penelitan menunjukan bahwa secara simultan OPM tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Harga Saham, ROA tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Harga Saham dan secara parsial OPM dan ROA tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Harga Saham. Besarnya koefisiensi determinasi atau R2 adalah 0,270 atau 27,0% koefisiensi ini menunjukan bahwa variabel OPM dan ROA dapat menjelaskan varias-variasi variabel terhadap Harga Saham 27,0% sedangkan sisanya 73,0% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Operating Profit Margin; Return On Asset; Harga Saham
Subjects: Econmics
Education
Business
Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Fahmi Jaenudin Fahmi Jaenudin
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:59
Last Modified: 11 Sep 2023 04:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76771

Actions (login required)

View Item View Item