Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Net Operating Margin (NOM) Studi Akuisisi Bank Asing terhadap Bank Umum Syariah periode 2020-2023

Nugraha, Wahyu (2023) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Net Operating Margin (NOM) Studi Akuisisi Bank Asing terhadap Bank Umum Syariah periode 2020-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

Net Operating Margin merupakan rasio utama rentabilitas pada perbankan syariah yang ditujukan untuk mengetahui kemampuan aktiva produktif serta menghasilkan laba. Sebagai lembaga intermediasi, besar kecilnya penyaluran pembiayaan yang dilakukan oleh perbankan sebagai kegiatan operasional tentu akan mempengaruhi laba yang akan diterima oleh bank. Sehingga semakin tinggi tingkat rasio Financing to Deposit Ratio (FDR) maka semakin tinggi tingkat rasio Net Operating Margin. Sebaliknya jika tingkat rasio Non Performing Financing (NPF) pada perbankan meningkat menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat risiko kredit pada bank yang mengakibatkan rasio Net Operating Margin (NOM) menurun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Net Operating Margin (NOM), pengaruh Non Performing Financing (NPF) secara parsial terhadap Net Operating Margin (NOM), dan mengetahui pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) secara simultan terhadap Net Operating Margin (NOM) pada Studi Akuisisi Bank Asing Terhadap Bank Umum Syariah Periode 2020-2023. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deksriptif verikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 3 perusahan Bank Umum syariah Indonesia yang di akuisisi bank asing. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel diantaranya Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deksriptif, Analisis Regresi Data Panel dan Analisis Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F) menggunakan software E-Views versi 12. Melalui penelitian ini didapat kesimpulan bahwa: 1) Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Net operating Margin (NOM). 2) Non Performing Financing (NPF) secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Net operating Margin (NOM). 3) Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Net operating Margin (NOM), dengan nilai Fhitung > Ftabel dan nilai koefisien determinasi sebesar sebesar 0.895113. atau sebesar 89,5% pada studi akuisisi bank asing terhadap bank umum syariah periode 2020-2023. Hal ini terjadi kesesuaian dengan akad yang termasuk Murabahah dan Qard Al-Ahsan pada Manajemen Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR); Non Performing Financing (NPF); Net operating Margin (NOM)
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Wahyu Nugraha
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:12
Last Modified: 13 Sep 2023 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76797

Actions (login required)

View Item View Item