Analisis teologi pembebasan Asghar Ali Engineer pada pendidikan tinggi perempuan desa Mekartani Kec. Singajaya Kab. Garut

Suciati, Cici (2023) Analisis teologi pembebasan Asghar Ali Engineer pada pendidikan tinggi perempuan desa Mekartani Kec. Singajaya Kab. Garut. Analisis Teologi Pembebasan Asghar Ali Engineer Pada Pendidikan Tinggi Perempuan Desa Mekartani Kec. Singajaya Kab. Garut. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan ketidakadilan gender yang dialami oleh perempuan sampai saat ini masih merajalela. Pendidikan merupakan satu hal yang sangat penting terutama pada zaman sekarang. Namun, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi khususnya bagi perempuan masih mengalami kesenjangan. Di Desa Mekartani Kec. Singajaya Kab. Garut banyak perempuan yang ingin mengejar cita-citanya ke perguruan tinggi, namun kurangya dukungan baik dari orangtua maupun dari lingkungan sekitar. Hal ini dikarenakan masyarakat masih mengkonsumsi ajaran agama untuk melanggengkan sistem patriarki sehingga kurangnya pembebasan terhadap hak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas teologi pembebasan dalam Islam serta mengetahui persepsi masyarakat Desa Mekartani terhadap pendidikan tinggi bagi kaum perempuan. Selain itu, untuk memberikan kesadaran akan pentingnya pendidikan tinggi bagi kaum perempuan terutama pada zaman sekarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualiatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan responden, peneliti menggunakan metode purposive sampling atau sampel ahli yaitu orang yang ahli dan relevan untuk diminta informasinya mengenai tema penelitian. Teori yang digunakan oleh peneliti menggunakan teori Asghar Ali Engineer tentang teologi pembebasan. Menurut Asghar Ali Engineer, Islam merupakan agama “pembebas”. Membebaskan manusia dari segala bentuk penindasan, ketidaksetaraan, kesenjangan yang dalam hal ini pembebasan bagi perempuan dalam mendapatkan kesempatan pendidikan tinggi. Adapun hasil penelitian ini yang didapat sesuai data dari masyarakat Desa Mekartani menunjukan bahwa persepsi masyarakat Desa Mekartani terhadap pendidikan tinggi bagi perempuan itu penting. Berdasarkan hasil analisis teologi pembebasan, pertama, Asghar Ali Engineer meyakini bahwa konsep tauhid tidak hanya membahas tentang keesaan Tuhan, namun membahas tentang humanism atau kesatuan manusia, mengakui dan menjamin kesetaraan manusia serta tidak membenarkan adanya diskriminasi; kedua, Asghar Ali Engineer meyakini dengan adanya keimanan kepada Allah SWT, maka akan menjadi pondasi bagi seseorang untuk tidak melakukan tindak ketidakadilan; ketiga, Asghar Ali Engineer meyakini konsep jihad untuk menolak segala bentuk penindasan dan berjuang untuk mendapatkan hak kebebasan dalam segala aspek dengan landasan persamaan derajat manusia. Menurutnya, masyarakat harus mempunyai kesadaran bahwa Al-Qur’an selain bersifat normatif, ia juga bersifat kontekstual. Jadi, perlu adanya penafsiran ulang terhadap ayat-ayat Al-Qur’an supaya tidak terjadi adanya patriarki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Tinggi Perempuan; Pembebasan Perempuan; AsgharAli Engineer; Desa Mekartani
Subjects: Islam > Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Cici Suciati
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:49
Last Modified: 12 Sep 2023 07:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76822

Actions (login required)

View Item View Item