Pekerja anak pada Home Industry di Kelurahan Cirangrang, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung: teori perpektif pilihan rasional

Nurfatah, Sabila (2023) Pekerja anak pada Home Industry di Kelurahan Cirangrang, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung: teori perpektif pilihan rasional. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Terjadi peningkatan ekonomi pada sektor indsutri informal home industry yang memicu munculnya lapangan pekerjaan bagi pekerja anak, yakni mereka yang berumur di bawah usia 18 tahun sesuai Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Dalam hal ini, banyak pekerja anak pada sektor home industry Cirangrang dan mereka behasil menyumbangkan pendapatan kepada keluarga mereka dalam meningkatkan perekonomian mereka.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong munculnya pekerja anak di home industry Cirangrang, dampak yang ditimbulkan pekerja anak yang bekerja di home industry Cirangrang, dan bagaimana upaya kebijakan pemerintah setempat dalam menekan jumlah keberadaan pekerja anak yang bekerja di home industry Cirangrang. Landasan teori yang digunakan adalah teori pilihan rasional James Coleman yang menyatakan bahwa tindakan seseorang itu merupakan tindakan purposif atau bertujuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan narasumber melalui purposive sampling dengan sumber primer sebanyak 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak bersruktur dan observasi partisipan. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis narasi. Hasil penelitian yang Peneliti dapatkan menunjukkan bahwa keberadaan pekerja anak home industry Kelurahan Cirangrang didasari oleh beberapa faktor, yakni ekonomi, budaya, orang tua, lingkungan/teman sebaya dan kemauan sendiri. Dampak yang dirasakan bagi pekerja anak pada home industry adalah dampak positif berupa kemandirian ekonomi dan dampak negatif berupa efek pada perkembangan fisik, perkembangan emosi dan perkembangan sosial. Adapun kebijakan perlindungan anak terhadap penanggulangan pekerja anak di kelurahan Cirangrang dianggap belum efektif. Hal ini disebabkan oleh berbagai kendala di lapangan, antara lain nilai-nilai sosial seperti nilai historis, tradisi, kebiasaan, dan lingkungan sosial budaya yang terpola, serta lemahnya sistem pengawasan yang di lakukan oleh bidang pengawasan ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pekerja anak; home industry; pilihan rasional
Subjects: Sociology and Anthropology, Society > Nonliterate Societies
Civil Rights > Citizen Participation
Political Process > Political Parties
Political Process > Practical Politics
Business > Personal Success in Business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Sabila Nurfatah
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:10
Last Modified: 11 Sep 2023 08:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76825

Actions (login required)

View Item View Item