Pengaruh Ma'rifatul Insan terhadap masa Quarter Life Crisis : Studi deskriptif terhadap mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2019

Agustina, Hikmawati (2023) Pengaruh Ma'rifatul Insan terhadap masa Quarter Life Crisis : Studi deskriptif terhadap mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan memasuki dunia sesungguhnya pasca lulus kuliah, fenomena quarter life crisis menjadi hal yang lumrah mereka rasakan. Mereka akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan dan tuntutan hidup hingga menimbulkan rasa cemas, takut, ragu dan bingung karena individu tersebut belum siap untuk menerima perubahan. Quarter life crisis adalah perasaan khawatir yang hadir karena ketidakpastian dalam kehidupan yang mencakup karir, finansial, keluarga, percintaan yang biasanya terjadi di usia 20 tahunan. Agar individu merasa yakin dan nyaman dalam menjalani kehidupannya, maka ia perlu mengenal dirinya sendiri salah satunya dengan ma’rifatul insan berarti pengetahuan tentang manusia. Konsep ini berkaitan dengan pemahaman tentang hakikat manusia sebagai hamba Allah dan tujuan hidup manusia di dunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif sebagai data tambahan/pendukung. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi angkatan 2019 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Mahasiswa angkatan 2019 umumnya berada di rentang usia 20-30 tahun sehingga berpotensi mengalami quarter life crisis. Dalam mengumpulkan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan kuesioner yang akan disebar kepada mahasiswa Tasawuf Psikoterapi tahun 2019 berupa google form. Adapun hasil yang diperoleh dari data kuesioner dengan 61 responden Mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019, diperoleh T hitung sebesar -5.455 < t tabel sebesar 1.671. dan nilai signifikansi sebesar 0.001 dimana kurang dari 0.05, maka masing-masing variabel ma’rifatul insan berpengaruh signifikan dengan variabel quarter life crisis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ma’rifatul Insan; Quarter Life Crisis; Tasawuf dan Psikoterapi.
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Islam
Islam > Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hikmah Agustina
Date Deposited: 11 Sep 2023 10:25
Last Modified: 11 Sep 2023 10:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76836

Actions (login required)

View Item View Item