Konservasi lingkungan pada teori intertekstual Julia Kristeva : Analisis dalam tafsir al-Taḥrīr wa al-Tanwīr dengan pendekatan tafsir Maqāṣidī

Firdaus, Muhamad Yoga (2023) Konservasi lingkungan pada teori intertekstual Julia Kristeva : Analisis dalam tafsir al-Taḥrīr wa al-Tanwīr dengan pendekatan tafsir Maqāṣidī. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Kerusakan lingkungan yang telah menjadi permasalahan kontemporer yang mendesak segera diperhatikan oleh semua kalangan. Implikasi dari kerusakan lingkungan tersebut dapat membunuh segala kehidupan. Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya untuk memelihara lingkungan agar tercipta kehidupan yang nyaman, tentram, dan harmonis melalui nilai-nilai ekologis yang ada dalam penafsiran Al-Qur’an secara spesifik. Penelitian ini mengungkap relevansi penafsiran Ibnu ‘Asyur dalam kitab Tafsir al-Taḥrīr wa al-Tanwīr dengan tafsir intertekstual Julia Kristeva terhadap ayat-ayat tentang konservasi lingkungan. Penelitian ini pun menggunakan pendekatan deskriptif-analisis dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemeliharaan lingkungan memiliki hubungan yang erat dengan Maqashid al-Syari'ah dan Maqashid al-Qur'an. Dengan menjaga lingkungan, kita juga menjaga prinsip-prinsip dasar kehidupan manusia lainnya, karena tujuan utama ini hanya dapat tercapai jika lingkungan tetap terjaga dan lestari. Menurut Maqashid al-Syari'ah ala Ibnu 'Asyur, penafsiran ayat tentang konservasi lingkungan berupaya untuk mewujudkan empat prinsip Maqashid al-'Ammah yang mencakup Fitrah (keseimbangan alam), al-Samahah atau toleransi (menghormati semua bentuk kehidupan), al-Musawah atau kesetaraan (adil dalam memperlakukan seluruh ciptaan Tuhan), dan al-Hurriyah atau kebebasan (memastikan kebebasan lingkungan dari kerusakan dan pencemaran). Penafsiran berdasarkan Maqashid al-Qur'an ala Ibnu 'Asyur menegaskan pentingnya mencetuskan nilai Maqashid al-A'la, yaitu upaya memperbaiki keadaan individu, masyarakat, dan peradaban manusia. Lalu, relevansi antara teks Al-Qur’an dan teks di luar Al-Qur’an ialah pada pengungkapan nilai-nilai ekoteologis dalam formula konstruktif di era kontemporer, seperti upaya konservasi atau rekonservasi lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an; Ibnu ‘Asyur; Konservasi lingkungan; Tafsir
Subjects: Bible
Bible > Commentaries
Christianity > Specific Systems of Theology
Islam
Islam > Interpretation and Criticism of Koran
Islam > Islam and Other Belief
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Muhamad yoga firdaus
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:51
Last Modified: 12 Sep 2023 04:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76840

Actions (login required)

View Item View Item