Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap peran BAZNAS dalam pemulihan ekonomi pada Masa Endemi Covid-19: Studi kasus di BAZNAS Kota Bekasi

Rahmah, Afiifatur (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap peran BAZNAS dalam pemulihan ekonomi pada Masa Endemi Covid-19: Studi kasus di BAZNAS Kota Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap perekonomian Indonesia, mulai dari perubahan rantai pasok dunia hingga penurunan investasi asing ke Indonesia. Penurunan tersebut dapat dilihat melalui perlambatan pertumbuhan ekonomi yang turun dari 5,2% di tahun 2019 menjadi 2,97% pada tahun 2020. Selain itu peran zakat dalam hukum ekonomi islam diperlukan untuk menangani kondisi endemi Covid-19 tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) peran BAZNAS dalam memulihkan ekonomi pada masa endemi Covid-19 di Kota Bekasi 2) Kesesuaian hukum ekonomi syariah terhadap peran BAZNAS dalam memulihkan ekonomi di masa endemi Covid-19. Metode yang penulis gunakan adalah metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Adapun jenis data adalah kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa wawancara, sumber data sekunder berasal dari buku-buku, makalah, skripsi dan jurnal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Adapun analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, menyeleksi data, menganalisis data, dan menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini bahwa 1) Pengelolaan zakat memiliki peranan yang besar untuk membantu masyarakat untuk mengurangi beban ekonomi yang disebabkan dari adanya pandemi Covid-19 ini. 2) Peran BAZNAS dalam memulihkan ekonomi pada masa endemi Covid-19 di Kota Bekasi berdasarkan prinsip hukum ekonomi syariah sudahlah cukup baik dan sesuai dengan syariat islam, namun masih terdapat kekurangan yang harus disempurnakan dalam proses pengawasan pemberdayaan dan pendistribusian zakatnya. Namun demikian, dengan adanya pengelolaan zakat secara produktif tersebut dirasakan dampaknya terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Melalui penambahan modal yang diberikan oleh BAZNAS Kota Bekasi pendapatan yang diperoleh semakin cukup bertambah. Hal ini akhirnya cukup mampu dalam memulihkan kondisi ekonomi masyarakat yang ada. Terakhir mengacu pada data dari penerimaan dan pendistribusian dana zakat pada tiga tahun terakhir ini dikelola dengan baik oleh BAZNAS dan memenuhi aturan hukum ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BAZNAS; Ekonomi; Pandemi Covid-19
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Afiifatur Rahmah
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:33
Last Modified: 12 Sep 2023 03:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76841

Actions (login required)

View Item View Item