Pengaruh implementasi kebijakan insentif Pajak Bumi dan Bangunan terhadap kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Bandung tahun 2021

Bahri, Saeful (2023) Pengaruh implementasi kebijakan insentif Pajak Bumi dan Bangunan terhadap kepatuhan wajib pajak di Kabupaten Bandung tahun 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Dalam rangka peningkatan pembangunan di masyarakat khususnya di daerah, pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan yang utama, salah satu Pajak yang menjadi kewajiban masyarakat yang dibayar tiap tahun yaitu PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yang dimana di Indonesia ini pajak tersebut di kelola oleh daerah. Di Kab. Bandung ini pada tahun 2021 tercatat 1.121.178 wajib pajak namun hanya 535.747 (47,78%) saja yang membayar pajak bumi dan bangunan tersebut padahal saat itu pemerintah Kab. Bandung sedang mengadakan program insentif pajak berupa penghapusan denda pajak karena situasi sedang pandemi Covid-19 yang di harapkan dapat membantu wajib pajak dalam menunaikan kewajibannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh di implementasikannya kebijakan insentif pajak bumi dan bangunan terhadap kepatuhan wajib pajak masyarakat Kab. Bandung pada saat itu, agar dapat mengetahui hambatan atau kekurangan dari kebijakan ini yang menyebabkan mengapa masih rendahnya yang terealisasikan. Peneliti menggunakan teori Implementasi Kebijakan dari George C. Edward III yang dimana menjelaskan faktor-faktor keberhasilan suatu implementasi kebijakan di pengaruhi oleh empat faktor yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi, sedangkan untuk teori Kepatuhan Wajib Pajak penliti menggunakan teori dari Safri Nurmantu yang dimana kepatuhan wajib pajak dibagi menjadi dua yaitu kepatuhan formal dan kepatuhan material. Metode penelitian kuantitatif denga pendekatan deskriptif di pilih oleh peneliti, dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan metode dari Slovin dan diperoleh sebanyak 116 responden, pengambilan data penelitian menggunakan metode penyebaran angket kuesioner dan diolah oleh software SPSS 25. Hasil dari penelitian Pengaruh implementasi kebijakan terhadap kepatuhan wajib pajak ini ditemukan hasil yang signifikan. Keseluruhan indikator yang terdapat pada implementasi kebijakan memberikan pengaruh yang kuat terhadap kepatuhan wajib pajak. ditemukan bahwa nilai f hitung sebesar 28,996 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. Hal ini menunjukan bahwa nilai f hitung lebih besar dari f tabel (28,996 > 2,45) dan nilai signifikansi nya lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) artinya, terdapat pengaruh yang signifikan. Adapun hasil penelitian besaran pengaruh variabel X terhadap variabel Y ialah sebesar 51,1%. Sedangkan sisanya sebesar 49,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pajak Bumi dan Bangunan; Implementasi Kebijakan; Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: Public Finance
Public Finance > Taxes and Taxation
Public Administration
Depositing User: Saeful Bahri
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:53
Last Modified: 11 Sep 2023 07:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76851

Actions (login required)

View Item View Item