Pengaruh pakan berbasis larva lalat tentara hitam, limbah organik rumah tangga dan industri yang difermentasi terhadap pertumbuhan bebek lokal

Nurafifah, Siti Ulfah (2023) Pengaruh pakan berbasis larva lalat tentara hitam, limbah organik rumah tangga dan industri yang difermentasi terhadap pertumbuhan bebek lokal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Bebek lokal (Anas platyrhynchos javanica) atau yang dikenal juga itik merupakan jenis unggas yang banyak dikembangkan dan di manfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Budidaya bebek sangat ditentukan oleh harga pakan, karena biaya pakan lebih tinggi dibandingkan biaya lain yaitu 70% dari biaya produksi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan biaya pakan yaitu dengan mengembangkan pakan alternatif dengan memamfaatkan limbah seperti Nasi aking, dedak, ampas tahu, dan larva Black Solder Fly (BSF). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nutrisi dan untuk mengetahui pengaruh pakan alternatif berbasis BSF, nasi aking, ampas tahu terhadap pertumbuhan bebek lokal. Pada penelitian ini dilakukan pengujian pakan kombinasi nasi aking, dedak, ampas tahu, dan larva BSF yang di fermentasi, fermentasi ini menggunakan probiotik cair EM4 (Effective Microorganism4) yang mengandung sebagian besar bakteri fotosintetik. Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan yaitu P1 (Dedak+ Kosentrat), P2 (Fermentasi dedak+nasi aking, ditambah BSF), P3 (Fermentasi dedak+nasi aking, ditambah ampas tahu). Dimana setiap perlakuan terdapat 15 ulangan. Penelitian dilakukan selama 60 hari dengan parameter bobot hidup dan bobot karkas. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS dengan uji One Way ANOVA kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan dengan nilai p <0.05. Berdasarkan penelitian kandungan nutrisi protein pakan kontrol P1 (19,3%) sedangkan pakan alternatif masih dibawah kebutuhan pakan P2 (9,72%) dan P3 (9.00%) dan pertambahan bobot hidup bebek P2 (642g) memiliki rata-rata yang tidak jauh berbeda dengan P1 (665g), hal ini dikatakan P2 dapat dijadikan sebagai pakan alternatif dibandingkan dengan P3 (223g).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ampas tahu; bebek lokal; fermentasi; larva BSF; nasi aking;
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Siti Ulfah Nurafifah
Date Deposited: 11 Sep 2023 10:42
Last Modified: 11 Sep 2023 10:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76865

Actions (login required)

View Item View Item