Raihan, Al-wi Fachrizal (2023) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Kabupaten Bogor tahun 1993-2000. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover..pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (801kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2..pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4..pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka..pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
Abstract
Pondok pesantren mempunyai ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya. Pesantren memiliki kualitas sosial lokal yang luar biasa bagi banyak orang yang terkait dengannya. Namun, dalam perkembangannya, pesantren banyak mendapat tuntutan, salah satunya adalah modernisasi sistem persekolahan. Di berbagai bidang, sistem dan organisasi pendidikan pesantren telah dimodernisasi dan dikoordinasikan sesuai dengan tujuan kemajuan, khususnya di bidang kelembagaan yang secara langsung berdampak pada landasan program pendidikan yang mendorong pengakuan terhadap lembaga-lembaga tersebut. Persoalan yang muncul kemudian adalah apakah pesantren dalam menetapkan rencana pendidikannya harus tetap mengikuti perkembangan zaman, atau apakah pesantren harus bisa mengikuti rencana pendidikan yang telah bertahan pada kurikulum yang sudah diterapkan sebagai keunikan pesantren itu sendiri. Eksplorasi ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengkaji kembali pengembangan dalam pesantren Ummul Quro Al-Islami, dalam beberapa tahap, khususnya; Heuristik, kritik, interpretasi, historiografi, konsentrasi pada penggunaan metode untuk mengumpulkan informasi melalui penulisan review, wawancara dan observasi langsung di lokasi. Hasil tersebut memberikan gambaran subjek secara total tentang sejarah pondok pesantren, perkembangan pondok pesantren dan perkembangan kurikulum yang digunakan di pondok pesantren Ummul Quro Al-Islami.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum; Perkembangan; Sejarah; Ummul Quro Al-Islami |
Subjects: | Education and Research of History |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Alwi Fachrizal |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 06:24 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 06:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76872 |
Actions (login required)
View Item |