Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Kabupaten Bogor tahun 1993-2000

Raihan, Al-wi Fachrizal (2023) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Kabupaten Bogor tahun 1993-2000. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover..pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka..pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren mempunyai ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan lembaga pendidikan lainnya. Pesantren memiliki kualitas sosial lokal yang luar biasa bagi banyak orang yang terkait dengannya. Namun, dalam perkembangannya, pesantren banyak mendapat tuntutan, salah satunya adalah modernisasi sistem persekolahan. Di berbagai bidang, sistem dan organisasi pendidikan pesantren telah dimodernisasi dan dikoordinasikan sesuai dengan tujuan kemajuan, khususnya di bidang kelembagaan yang secara langsung berdampak pada landasan program pendidikan yang mendorong pengakuan terhadap lembaga-lembaga tersebut. Persoalan yang muncul kemudian adalah apakah pesantren dalam menetapkan rencana pendidikannya harus tetap mengikuti perkembangan zaman, atau apakah pesantren harus bisa mengikuti rencana pendidikan yang telah bertahan pada kurikulum yang sudah diterapkan sebagai keunikan pesantren itu sendiri. Eksplorasi ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengkaji kembali pengembangan dalam pesantren Ummul Quro Al-Islami, dalam beberapa tahap, khususnya; Heuristik, kritik, interpretasi, historiografi, konsentrasi pada penggunaan metode untuk mengumpulkan informasi melalui penulisan review, wawancara dan observasi langsung di lokasi. Hasil tersebut memberikan gambaran subjek secara total tentang sejarah pondok pesantren, perkembangan pondok pesantren dan perkembangan kurikulum yang digunakan di pondok pesantren Ummul Quro Al-Islami.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Perkembangan; Sejarah; Ummul Quro Al-Islami
Subjects: Education and Research of History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Alwi Fachrizal
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:24
Last Modified: 12 Sep 2023 06:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76872

Actions (login required)

View Item View Item