Interaksi sosial pada siswa dengan segregasi berbasis jenis kelamin: Studi pada siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fidaa Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi

Azizah, Nabila Nur (2023) Interaksi sosial pada siswa dengan segregasi berbasis jenis kelamin: Studi pada siswa Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fidaa Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan terhambatnya interaksi sosial pada siswa di sekolah yang memiliki kebijakan segregasi berbasis jenis kelamin. Berbagai kendala dan hambatan yang timbul baik dari pihak sekolah maupun siswa sendiri, diantaranya adanya siswa yang sulit berkomunikasi dengan siswa lawan jenis saat di luar kelas hingga terdapat siswa yang sulit berteman dengan siswa lawan jenis karena kontrol dan pengawasan yang diberlakukan sekolah. Tujuan dari peneltian ini untuk mengetahui pertukaran nilai moral dan pengetahuan pada siswa selama pelaksanaan segregasi kelas di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fidaa Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Untuk mengetahui konflik sosial pada siswa selama pelaksanaan segregasi kelas di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fidaa Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan teori interaksi sosial George Simmel yang menyatakan bahwa masyarakat terbentuk karena adanya interaksi bukan karena sekelompok orang yang hanya diam. Interaksi tersebut meliputi pertukaran nilai dan konflik yang menghasilkan pihak superordinasi dan subordinasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah sepuluh dan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Kriteria tersebut berupa siswa laki-laki, siswa perempuan serta guru sekolah. Teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipatif, wawancara terstruktur, dan kajian pustaka. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Lokasi penelitian ini bertempat di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fidaa Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pertukaran dan konflik pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Fidaa Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Pertukaran dan konflik terjadi pada siswa dengan sekolah (Guru dan Staf Sekolah), siswa dengan lawan jenis kelamin dan siswa dengan sesama jenis kelamin (siswa laki-laki dengan siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan siswa perempuan). Pertukaran mencakup nilai moral dan nilai pengetahuan, sedangkan konflik mencakup pelanggaran kedisiplinan, kompetisi antar kelas, dan perbedaan pendapat. Kegiatan siswa terdiri dari pembelajaran di kelas, di luar kelas (Koridor, Kantin, dan Lapangan), ruang guru, ruang tata usaha, kegiatan intra sekolah (Badan Eksekutif Siswa), dan kegiatan ekstrakurikuler (Melukis, Sains, Pramuka, dan Drumband).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Segregasi; Siswa
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Education > Sociology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nabila Nur Azizah
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:55
Last Modified: 12 Sep 2023 03:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76877

Actions (login required)

View Item View Item