Nilai-nilai Pendidikan Islam tentang kesetaraan Gender perspektif Muhammad Quraish Shihab : Studi naskah dalam buku Perempuan

Nurlaeli, Fitri (2023) Nilai-nilai Pendidikan Islam tentang kesetaraan Gender perspektif Muhammad Quraish Shihab : Studi naskah dalam buku Perempuan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya isu mengenai perempuan rasanya akan selalu hangat untuk menjadi bahan diskursus bersama. Maka hadirnya islam pun ikut memuliakan kaum perempuan, Allah SWT. sesui dengan fitrahnya masing-masing antara perempuan dan laki-laki. Hal tersebut termaktub dalam QS. Al-Hujurat ayat 13. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pertama, Pandangan Islam tentang Kesetaraan Gender. Kedua, Analisis Ilmu Pendidikan Islam tentang Kesetaraan Gender. Ketiga, Analisis Ahli Tafsir tentang Kesetaraan Gender. Kempat, Nilai-Nilai Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Quraish Shihab dalam Buku Perempuan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Metode Kualitatif, dengan menggunakan Studi Pustaka. Data yang diperoleh dianalisis beragam teknik, diantaranya Studi Dokumenter, Studi Kepustakaan dan Internet Searchimg. Hasil analisis data diperoleh dari analisis isi atau content analysis, dengan tahapan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Kesimpulan atau Koreksi Data. Kerangka berpikir pada penelitian ini lebih menitik beratkan pada Nilai-Nilai Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Quraish Shihab yang menelaah buku Perempuan. Menilik peradaban mendiskriminasi perempuan, kemudian melihat ketubuhan perempuan dan laki-laki yang nyatanya berbeda, lalu melihat islam berposisi dalam memuliakan perempuan. Dengan mengkorelasikan nilai-nilai pendidikan islam dengan kesetaraan gender yang tertuang dalam buku perempuan. Hasil penelitian ini, diketahui bahwa: Islam sebagai solusi melihat bahwasannya laki-laki dan perempuan dipandang sama sebagai makhluk Allah SWT., dengan tujuan menyembah dengan sebaik-baiknya ibadah. Perempuan dan laki-laki dapat berbagi tugas dan berkolaborasi dalam perbedaan. Jadi bukan tentang siapa yang kalah atau yang menang, bukan tentang siapa yang mengendalikan dan yang dikendalikan. Tetapi tentang menjalankan ketetapan kepada Allah sesuai dengan yang Allah perintahkan sesuai dengan fitrahnya masing-masing. Kemudian Quraish Shihab dalam tafsiranya nampaknya memiliki pandangan sendiri tentang kesetaraan gender, hal ini menjadi latar belakang sosial budaya mufasir sangat berpengaruh sekali dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berhubungan dengan konsep gender. Lalu mengenai hak dasar individu baik laki-laki maupun perempuan adalah mendapatkan pendidikan yang setara. Untuk itu perempuan perlu mempertebal kepercayaan dirinya dengan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dalam menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun agama. Dan terdapat Nilai Pendidikan Islam tentang Kesetaraan Gender Perspektif Muhammad Quraish Shihab dalam Buku Perempuan, yaitu: Nilai Aqidah, Nilai Ibadah dan Nilai Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam; Kesetaraan Gender; Muhammad Quraish Shihab
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitri Nurlaeli
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:43
Last Modified: 12 Sep 2023 05:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76881

Actions (login required)

View Item View Item