Optimalisasi program penyuluhan kursus pra nikah dalam menanggulangi pernikahan dini di desa Mekarjaya Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut

Nuraeni, Puput (2023) Optimalisasi program penyuluhan kursus pra nikah dalam menanggulangi pernikahan dini di desa Mekarjaya Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pernikahan dini menjadi permasalahan serius yang masih dihadapi di Desa Mekarjaya, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut. Untuk mengatasi masalah ini, sebuah program penyuluhan yaitu kursus pra nikah telah diimplementasikan dengan tujuan mengurangi perceraian serta dapat menanggulangi pernikahan dini dan meningkatkan kesadaran serta persiapan calon pengantin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana program penyuluhan kursus pra nikah dalam menanggulangi pernikahan dini di Desa Mekarjaya Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut, penelitian ini memperoleh wawasan serta pandangan tentang upaya optimalisasi kursus pra nikah di Desa Mekarjaya, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut. Landasan teori yang digunakan adalah teori Struktural Fungsional yang menyatakan bahwa perkawinan merupakan sebuah realitas sosial dan realitas sosial merupakan suatu sistem sosial yang mana selalu terintegrasi dengan kehidupan masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait program. Responden penelitian meliputi petugas penyelenggara program, dan tokoh masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program penyuluhan kursus pra nikah di Desa Mekarjaya belum berjalan secara optimal namun dengan adanya kursus pranikah telah memberikan hasil positif dalam menanggulangi pernikahan dini. Partisipasi masyarakat dalam mengikuti program ini masih kurang optimal. Peserta atau calon pengantin yang kurang aktif dalam mengikuti kursus dan menunjukkan sikap yang acuh terhadap program ini menjadi salah satu alasan program ini tidak berjalan secara optimal. Meskipun demikian program ini mendapatkan dukungan yang kuat dari Kantor Urusan Agama (KUA), pemerintah desa, dan lembaga sosial setempat. Kolaborasi yang erat antara berbagai pihak terkait telah memperkuat pelaksanaan program dan memastikan penyebaran informasi yang efektif kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi; kursus pra nikah; pernikahan dini
Subjects: Culture and Institutions
Culture and Institutions > Marriage
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Puput Nuraeni
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:19
Last Modified: 12 Sep 2023 06:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76907

Actions (login required)

View Item View Item