Kepribadian nabi Musa dalam Al-Quran : Telaah ayat-ayat dalam Al-Quran yang berkaitan dengan Nabi Musa perspektif teori Kisah

Syaripah, Ai (2023) Kepribadian nabi Musa dalam Al-Quran : Telaah ayat-ayat dalam Al-Quran yang berkaitan dengan Nabi Musa perspektif teori Kisah. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Salah satu kisah yang paling banyak dimuat dalam al-Qur’an adalah kisah Nabi Musa as. Sebagaimana yang dikatakan Hamka, Nabi Musa memiliki sikap atau jiwa yang mudah tersinggung. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui struktur kisah Nabi Musa dalam dalam al-Qur’an, gambaran kepribadian dan tujuannya, serta ibrah dengan menggunakan perspektif teori kisah. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kisah. Kisah atau cerita sebagai suatu metode pendidikan mempunyai daya tarik yang menyentuh perasaan hati seseorang. Islam menyadari sifat alamiah manusia untuk menyenangi cerita, dan menyadari pengaruhnya sangat besar terhadap perasaan. Dengan demikian, metode yang digunakan adalah metode tafsir tematik. Hal Ini memiliki konsekuensi bagaimana mengidentifikasi ayat atau surah dalam satu kesatuan tema. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan penelitian kualitatif deskriptif analisis. Adapun hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu: 1). Pembagian struktur kisah Nabi Musa yang telah dirumuskan dalam penelitian ini berdasarkan runtutnya kisah dari masa kelahirannya sampai akhir cerita dalam al-Quran diantaranya yaitu: episode pertama, masa kecil Nabi Musa, episode kedua masa dewasa Nabi Musa, episode ketiga masa kenabian Musa, episode keempat masa dakwahnya Nabi Musa pada Fir’aun, episode kelima kelima masa kenabiannya bersama Bani Israil pasca kematian Fir’aun, episode keenam masa kenabiannya bersama bani Israil mengenai peristiwa sapi betina, episode ketujuh masa kenabiannya dengan peritiwa dibenamkannya Qarun, dan episode kedelapan pertemuannya bersama Nabi Khidir. 2). Kepribadian Nabi Musa dalam al-Qur’an, Musa memiliki kepribadian yang sehat dan juga matang. Karena seluruh kriteria kematangan kepribadian yang diklasifikasikan oleh Allport semuanya dapat ditemukan dalam diri Musa. Kemudian kepribadian Musa yang ditinjau dengan teori kepribadian pandangan Islam juga dapat ditemukan dalam pribadi Musa yang meliputi nafs lawwamah, nafs muthmainnah, dan nafs ammarah.3). Pesan kepribadian Nabi Musa dalam al-Qur’an, sebagaimana yang telah dianalisis dari setiap perjalanannya, menyimpan pesan bagi kehidupan diantaranya: bahwasannya keadilan membutuhkan kesabaran, wajibnya menunanikan akad yang telah disepakati, sabar dalam menyebarkan ajaran agama, perlunya kecakapan komunikasi dan kelapangan hati dalam berdakwah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Nabi Musa; Kisah Nabi Musa; Kisah dalam al-Qur’an
Subjects: Applied Psychology
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ai Syaripah
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:27
Last Modified: 13 Sep 2023 07:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76909

Actions (login required)

View Item View Item