Strategi media online Tribunnews.com dalam mempublikasikan berita objektif: Studi deskriptif berita pengeboman di Polsek Astana Anyar Kota Bandung pada Media Online Tribunnews.com Edisi 7-9 dan 12 Desember 2022)

Avrianda, Rani (2023) Strategi media online Tribunnews.com dalam mempublikasikan berita objektif: Studi deskriptif berita pengeboman di Polsek Astana Anyar Kota Bandung pada Media Online Tribunnews.com Edisi 7-9 dan 12 Desember 2022). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)

Abstract

Lahirnya media online seperti Tribunnews.com, mengakibatkan setiap media berbasis online harus memiliki strategi dalam memublikasikan berita objektif. Upaya penyusunan kualitas pemberitaan dalam media online Tribunnews.com juga harus dilakukan agar dapat menjalankan perannya sebagai pemenuh kebutuhan informasi masyarakat dengan maksimal. Dalam skripsi Sahana Sandi, terkait objektivitas media online Tempo.co memberitakan Kasus Suap Jabatan di Kementrian Agama, menerangkan bahwa dalam dimensi imparsialitas equal acces (berita yang dimuat secara seimbang) masih berada di angka 50 persen, sehingga dapat diartikan bahwa penelitian terkait objektivitas media online masih penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi media online Tribunnews.com dalam memublikasikan berita objektif terkait kasus pengeboman di Polsek Astana Anyar Kota Bandung, dengan menyajikan berita yang benar, relevan, seimbang dan netral sebagai landasan utama dalam memproduksi sebuah karya jurnalistik. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori konsep objektivitas dari Westertahl terkait kasus pengeboman di Polsek Astana Anyar guna mengetahui dimensi faktualitas yang berisikan kebenaran dan relevansi, kemudian dimensi imparsialitas yang berisi keseimbangan dan neteralitas sebagai teori objektivitas. Teori ini digunakan juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi media online Tribunnews.com dalam memproduksi berita sesuai dengan empat dimensi objektivitas tersebut. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini yakni pendekatan deskriptif. Untuk menjabarkan jawaban dari fokus penelitian secara deskriptif, yang nantinya jawaban penelitian akan dijelaskan secara keseluruhan guna memperjelas hasil yang saling berkaitan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi memublikasikan berita yang benar dengan cara crosscheck serta peninjauan ulang secara berkala. Berita yang relevan, diperoleh melalui follow up atau running untuk menghasilkan konten yang berkelanjutan. Dalam objektivitas keseimbangan dan netralitas, didapatkan hasil penelitian bahwa Tribunnews.com melakukan langkah mencari informasi dari berbagai pihak, hingga menempatkan diri sebagai pihak yang tidak memihak siapapun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Media; Objektivitas Berita; Media Online; Tribunnews.com; Pengeboman di Polsek Astana Anyar Kota Bandung
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rani Avrianda
Date Deposited: 12 Sep 2023 06:41
Last Modified: 12 Sep 2023 06:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76913

Actions (login required)

View Item View Item