Pengaruh lagu Tulus terhadap sikap Qona'ah siswa remaja kelas VIII di SMPN 3 Banyuresmi Garut : Studi lapangan pada siswa remaja kelas VIII yang mengenal lagu Tulus Album Manusia di SMPN 3 Banyuresmi Garut

Jalaludin, Rahmah Alia (2023) Pengaruh lagu Tulus terhadap sikap Qona'ah siswa remaja kelas VIII di SMPN 3 Banyuresmi Garut : Studi lapangan pada siswa remaja kelas VIII yang mengenal lagu Tulus Album Manusia di SMPN 3 Banyuresmi Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung DJati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover..pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa kini seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang dapat dengan mudah diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun, seprti platform mendengarkan lagu seperti YouTube Music, Joox, atau Spotify dan masih banyak platform music lainnya. Individu dapat memilih lagu yang ingin ia dengarkan pada saat itu. Lagu-lagu yang mereka dengarkan dapat mempengaruhi pemikiran mereka, pemikiran inilah yang menjadikan latar belakang atau alasan setiap perilakunya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dua hal, yang pertama ialah untuk mengetahui pengetahuan siswa mengenai sikap qona’ah dan keterlibatan siswa dalam sebuah karya seni salah satunya karya seni musik yaitu lagu, dan yang kedua ialah untuk mengukur berapa besar pengaruh lagu Tulus terhadap sikap qona’ah siswa remaja kelas VIII di SMPN 3 Banyuresmi Garut. Pada penelitian kali ini, peneliti melakukan penelitian pada pengaruh lagu Tulus terhadap sikap qona’ah siswa remaja kelas VIII di SMPN 3 Banyuresmi Garut, meneliti bagaimana sebuah lagu dapat mempengaruhi sikap qona’ah pada remaja. Qona’ah adalah suatu sikap merasa cukup dengan pemberian Allah SWT dan kalaupun telah menerima, maka ia akan dengan sukarela membaginya. Metode penelitian yang peneliti gunakan ialah studi lapangan pada siswa remaja kelas VIII di SMP Negeri 3 Banyuresmi Garut yang senang mendengarkan lagu Tulus. Sedangkan pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner yang disebarkan melalui guru Bimbingan Konseling, lalu data yang telah didapatkan diolah dengan bantuan SPSS 26.0 for windows. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yaitu data yang diperoleh melalui kuesioner di lapangan dan data sekunder yaitu hasil studi Pustaka dari buku, jurnal, dan skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lagu Tulus pada album Manusia dapat memengaruhi sikap qona’ah siswa remaja kelas VIII di SMPN 3 Banyuresmi Garut yang terdapat pada koefisien regresi variabel bebas (asumsi Lagu Tulus) menggambarkan bahwa arah hubungan variabel bebas X dengan variabel terikat Y (Sikap Qona’ah) adalah positif, dimana setiap kenaikan satu satuan variable asumsi Lagu Tulus akan menyebabkan kenaikan sebesar 0,644 pada sikap qona’ah siswa remaja di SMPN 3 Banyuresmi Garut. Berdasarkan tabel dapat diketahui bahwa responden sebanyak 53 orang dihasilkan nilai korelasi sebesar 0,634.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lagu; Remaja; Qona'ah
Subjects: Causation
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Arts
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Alia Rahmah Jalaludin
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:10
Last Modified: 12 Sep 2023 04:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76953

Actions (login required)

View Item View Item