Penerimaan Diri (Rida) orang tua anak dengan penyandang Talasemia : Studi kasus di Persatuan Orang Tua Penderita Talasemia Indonesia (POPTI) wilayah Bandung Raya

Aulia, Alma Hilda (2023) Penerimaan Diri (Rida) orang tua anak dengan penyandang Talasemia : Studi kasus di Persatuan Orang Tua Penderita Talasemia Indonesia (POPTI) wilayah Bandung Raya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang penyakit talasemia sebagai penyakit Talasemia merupakan penyakit kelainan darah yang bersifat genetik. Terjadinya kerusakan DNA akan menyebabkan tidak maksimalnya produksi sel darah merah serta mudah rusak. Terkait dengan sifat genetik yang diturunkan oleh orang tua. Perawatan talasemia memerlukan transfusi darah selama seumur hidup bagi penyintasnya. Dengan demikian saat orang tua mendengar anak terdiagnosa talasemia merasa tidak menerima pada keadaan yang terjadi, merasa tidak siap dalam menerima atas apa yang akan dihadapi serta dampak yang akan dialami oleh anak baik dari sisi fisik maupun psikis anak. Penelitian ini menggunakan analisis pada tahap penerimaan diri untuk mengetahui bagaimana proses penerimaan diri pada orang tua yang memiliki anak dengan talasemia di Persatuan Orang Tua Penderita Talasemia Indonesia (POPTI). Tujuan dari penelitian ini untuk mencari tahu seperti apa gambaran Persatuan Orang Tua Penderita Talasemia Indonesia (POPTI) wilayah Bandung Raya. Dan untuk mengetahui gambaran mengenai penerimaan diri pada orang tua anak dengan talasemia di Rumah Sakit Umum Hermina Pasteur. Pada pelaksanaan penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan metode yang diterapkan adalah studi kasus. Adapun untuk teknik pengumpulan data, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi di Persatuan Orang Tua Penderita Talasemia Indonesia (POPTI) yang berada di Rumah Sakit Umum Hermina Pasteur. Jumlah keseluruhan partisipan sebanyak 11 orang. Dengan 10 diantaranya orang tua dari penyintas talasemia, dan satu orang merupakan sie data & informasi dari Persatuan Orang Tua Penderita Talasemia Indonesia (POPTI) di Rumah Sakit Umum Hermina Pasteur. Seluruh data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian Rumah Sakit Umum Hermina Pasteur secara legal berdiri pada tahun 2004. Kemudian pada tahun 2017 bertepatan dengan diadakan poli hemato onkologi talasemia di Rumah Sakit Umum Hermina Pasteur dibentuk kepengurusan Persatuan Orang Tua Penderita Talasemia Indonesia (POPTI) untuk membantu orang tua penyintas talasemia serta menjadi media komunikasi baik salah satunya antar orang tua penyintas. Adapun untuk gambaran penerimaan diri pada orang tua penyintas proses pada setiap orang berbeda. Yang secara keseluruhan partisipan melalui tahap penolakan, tahap marah, dan tahap penerimaan diri. Dukungan pasangan atau keluarga sangat berpengaruh pada proses penerimaan diri. Dukungan pasangan atau keluarga dapat memberikan rasa tenang serta penguatan pada partisipan. Dukungan dari lingkungan pada penyintas talasemia berpengaruh pada kondisi penerimaan diri orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan diri; orang tua; penyintas talasemia
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Differential and Developmental Psychology > Stress
Creation of God
Diseases > Diseases of Blood, Hematology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Alma Hilda Alma Aulia
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:30
Last Modified: 12 Sep 2023 03:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76964

Actions (login required)

View Item View Item