Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 101 tentang Penyajian Laporan Keuangan Syariah pada KSPPS BMT ItQan Bandung

Noorsyah, Muhammad Naufal (2023) Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 101 tentang Penyajian Laporan Keuangan Syariah pada KSPPS BMT ItQan Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover (4).pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi (5).pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1 (5).pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2 (5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3 (5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwasanya penerapan standar akuntansi keuangan terhadap penyusunan laporan keuangan sangatlah penting karena menjadi dasar acuan seorang akuntan dalam suatu entitas untuk menyusun laporan keuangan entitas tersebut. PSAK 101 merupakan standar akuntansi yang mengatur penyajian secara wajar posisi keuangan, kinerja dan arus kas entitas syariah, sehingga tujuan laporan keuangan tersebut tercapai. PSAK 101 terdiri dari komponen-komponen laporan keuangan yang lengkap yaitu meliputi Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Dana Zakat, Laporan Sumber Penggunaan Dana Kebajikan, Catatan atas Laporan Keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) 101 dalam penyajian laporan keuangan syariah di KSPPS BMT ItQan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Kemudian jenis data yang digunakan ialah jenis data kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa KSPPS BMT ItQan Bandung dalam penerapan pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) 101 belum sepenuhnya menerapkan, dikarenakan mengacu pada kementerian koperasi yang mana menetapkan standar akuntansi keuangan untuk koperasi syariah ialah SAK ETAP adapun penerapan PSAK 101 nya hanya pada transaksi-transaksi syariahnya saja seperti Laporan Sumber dan Penyaluran Dana Zakat, serta Laporan Sumber dan Penyaluran Dana Kebajikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penyajian Laporan Keuangan Syariah, PSAK 101, KSPPS BMT ItQan
Subjects: Cooperative
Accounting > Elementary Level of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Muhammad Naufal Noorsyah
Date Deposited: 12 Sep 2023 04:20
Last Modified: 12 Sep 2023 04:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76989

Actions (login required)

View Item View Item