Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan Sabun dari berbagai Minyak Nabati untuk mengembangkan kinerja ilmiah siswa

Putri, Vania Hardianti (2023) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan Sabun dari berbagai Minyak Nabati untuk mengembangkan kinerja ilmiah siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek merupakan modelpembelajaran yang difokuskan untuk menghasilkan produk akhir berupa sabun terutama pada koloid dengan memanfaatkan bahan yang ada dilingkungan sekitar yaitu minyak nabati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan, kinerja ilmiah siswa dan membandingkan kualitas sabun pada penerapan lembar kerja berbasis proyek pembuatan sabun dari minyak nabati. Minyak nabati yang digunakan yaitu minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil), minyak zaitun (Olive Oil), dan minyak alpukat (Avocado Oil). Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain penelitian yang digunakan One Shot Case Study. Subjek penelitian siswa kelas XI MIPA SMA Tamansiswa Rancaekek. Penilaian kinerja ilmiah siswa meliputi beberapa tahap yakni tahap persiapan, tahap pembuatan, dan tahap penilaian produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan lembar kerja berbasis proyek terlaksana sangat baik dengan nilai rata-rata keterlaksanaan sebesar 87,9. Kemampuan kinerja ilmiah siswa secara keseluruhan menghasilkan nilai rata-rata 95,48 dengan kategori sangat baik. Analisis kualitas sabun yang didapatkan meliputi hasil uji organoleptik, pH, dan stabilitas busa secara keseluruhan telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan nilai paling tinggi didapatkan oleh sabun yang berbahan dasar minyak alpukat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kinerja ilmiah; minyak nabati; model pembelajaran berbasis proyek; sabun
Subjects: Accounting > Education, Research of Accounting
Technology of Other Organic Products > Surfactants Technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Vania Hardianti Putri
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:19
Last Modified: 12 Sep 2023 08:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76991

Actions (login required)

View Item View Item