Salsabila, Tasya (2023) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah berbantu laboratorium virtual Go-Lab terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (537kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
||
Text (BAB)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan beserta respon siswa dalam pembelajaran berbasis masalah pada materi perubahan lingkungan dan menganalisis pengaruh laboratorium virtual berbasis web (Go-Lab) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment desain Non-equivalent Control Group dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 3 di salah satu SMA Kabupaten Bandung. Pada kelas dengan penggunaan laboratorium virtual Go-Lab ditunjukkan hasil bahwa keterlaksanaan guru dan siswa sangat baik, respon siswa sebesar 74% dengan kategori kuat serta peningkatan hasil belajar sebesar 0,68 dengan kriteria sedang. Pada kelas tanpa laboratorium virtual Go-Lab ditunjukkan hasil bahwa keterlaksanaan guru sangat baik dan keterlaksanaan siswa termasuk kriteria sedang, respon siswa sebesar 49% dengan kategori cukup serta peningkatan hasil belajar sebesar 0,18 dengan kriteria rendah. Hasil analisis statistik data N-Gain ditunjukkan bahwa thitung= 12.554 > ttabel= 1.994, maka H0 ditolak H1 diterima sehingga disimpulkan bahwa laboratorium virtual berbasis web (Go-Lab) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Go-Lab; Kognitif; Laboratorium; Masalah; Virtual |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Tasya Salsabila |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 08:15 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 08:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76995 |
Actions (login required)
View Item |