Pengaruh pembelajaran berbasis masalah berbantu laboratorium virtual Go-Lab terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi perubahan lingkungan

Salsabila, Tasya (2023) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah berbantu laboratorium virtual Go-Lab terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan beserta respon siswa dalam pembelajaran berbasis masalah pada materi perubahan lingkungan dan menganalisis pengaruh laboratorium virtual berbasis web (Go-Lab) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment desain Non-equivalent Control Group dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 3 di salah satu SMA Kabupaten Bandung. Pada kelas dengan penggunaan laboratorium virtual Go-Lab ditunjukkan hasil bahwa keterlaksanaan guru dan siswa sangat baik, respon siswa sebesar 74% dengan kategori kuat serta peningkatan hasil belajar sebesar 0,68 dengan kriteria sedang. Pada kelas tanpa laboratorium virtual Go-Lab ditunjukkan hasil bahwa keterlaksanaan guru sangat baik dan keterlaksanaan siswa termasuk kriteria sedang, respon siswa sebesar 49% dengan kategori cukup serta peningkatan hasil belajar sebesar 0,18 dengan kriteria rendah. Hasil analisis statistik data N-Gain ditunjukkan bahwa thitung= 12.554 > ttabel= 1.994, maka H0 ditolak H1 diterima sehingga disimpulkan bahwa laboratorium virtual berbasis web (Go-Lab) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Go-Lab; Kognitif; Laboratorium; Masalah; Virtual
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Tasya Salsabila
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:15
Last Modified: 12 Sep 2023 08:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76995

Actions (login required)

View Item View Item